Walau Pontang Panting Atur Waktu, Usi Tetap Berprestasi

Usi-1

Jember, 27 Oktober 2017

                Tak pernah mudah memang, antara membagi waktu antara berlatih dan kuliah. Namun berbekal ketekunan dan determinasi, Fauziyah Azzahro, mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Jember, telah membuktikan mampu  menorehkan prestasi untuk almamater Kampus Tegalboto. Gadis yang akrab disapa Usi tersebut meraih medali perunggu dalam ajang bergengsi International Tennis Federation (ITF) Widjojo Soejono Cup 2017 yang diselenggarakan pada 8-15 Oktober 2017 lalu di Surabaya.

Menurut Usi, tenis merupakan salah satu cabang olahraga yang telah lama ditekuninya, hingga tidak mungkin berpisah. “Saya mulai berlatih tenis semenjak kelas empat sekolah dasar hingga kini. Awalnya dikenalkan oleh ayah yang juga hobi berolahraga, cuman bedanya ayah saya dulu menekuni olahraga tinju. Jadi rasanya gak mungkin kalau saya berhenti dari hobi tenis yang sudah mendarah daging,” urai Usi memulai kisahnya di sela-sela kesibukan kuliahnya (27/10).

Usi lantas menceritakan perjuangannya membagi waktu antara berlatih di lapangan dengan menjalani kuliah di Program Studi Akuntansi FEB Universitas Jember. Gadis asli Jember ini mengakui cukup kewalahan mengatur waktu saat menghadapi kejuaraan. Tapi hal tersebut tidak menyurutkan semangatnya untuk tetap menyeimbangkan antara hobi tenis dan kewajiban untuk kuliah. Untuk itu Usi berterima kasih atas dukungan pihak universitas dan fakultas yang mempermudah langkah Usi dalam meraih prestasi.

“Persiapan untuk perlombaan ini cukup menyita waktu, karena saya harus latihan dua kali sehari yaitu pagi dan sore. Kesemuanya harus saya lakukan selama lima hari dalam seminggu. Jadi saya harus ekstra pandai dalam membagi waktu. Kalau ada waktu kosong, langsung saya gunakan untuk belajar supaya tidak ketinggalan. Sempat juga tidak bisa ikut Ujian Tengah Semester lalu, tapi alhamdulillah karena kebijakan yang diberikan oleh fakultas dan universitas akhirnya saya bisa ikut ujian susulan,” ujar Usi.

Kerja keras Usi akhirnya terbayar. Saat turun di ajang Widjojo Soejono Cup 2017, Usi yang menjadi satu-satunya wakil Jember meraih medali perunggu. Untuk diketahui Widjojo Soejono Cup adalah ajang paling bergengsi bagi petenis yunior di Indonesia. “Raihan medali perunggu ini merupakan prestasi terbaik yang bisa saya raih selama saya bertanding dalam kategori yunior. Tahun lalu saya juga ikut Widjojo Soejono Cup 2016, tapi sayang terhenti di babak 32 besar saja. Alhamdulillah kali ini bisa sampai 16 besar dan meraih perunggu pada kategori ganda putri,” tutur gadis yang memiliki cita-cita menjadi entrepreneur ini. Selain berprestasi di ajang Widjojo Soejono Cup, Usi telah banyak mengkoleksi gelar antara lain Bupati Cup, Telfom FIX, Walikota Cup, dan langganan di Universitas Jember Cup.

Meski hanya meraih medali perunggu, keikutsertaan Usi di ajang Widjojo Soejono tahun 2017 lalu menjadi kenangan yang tak terlupakan. Pasalnya Usi berpasangan dengan Catherine Aulia, petenis putri yunior asal Australia. “Meskipun kami belum pernah latihan bersama, ternyata chemistry kami nyambung, sehingga dapat bermain dengan baik. Akhirnya pulang membawa medali perunggu,” kata gadis yang duduk di semester pertama ini. Hebatnya lagi, dalam Widjojo Soejono Cup 2017, Usi tidak hanya bertanding melawan petenis dalam negeri saja, namun bertemu petenis asal Jepang, Jerman, Amerika dan negara lainnya.

“Tahun Ini merupakan pertandingan terakhir saya di kategori yunior. Saya berharap di kategori senior nanti akan bisa menorehkan prestasi yang lebih baik lagi untuk almamater Universitas Jember, dan tentunya juga bisa menjaga fokus terhadap kuliah, supaya bisa mewujudkan cita-cita saya menjadi entrepreneur,” tambah gadis yang merupakan anak bungsu dari dua bersaudara tersebut. (lid)