Wakil Ketua Komisi A DPRD Jawa Timur, Dukung Kerjasama Universitas Jember Dengan Bakorwil V

BakorwilV-_UNEJ

Jember, 26 Mei 2017

Wakil Ketua Komisi A DPRD Jawa Timur, H.M. Miftahul Ulum mendukung adanya kerjasama antara Universitas Jember dengan Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) V Jember. Dukungan ini disampaikan H.M. Miftahul Ulum pada saat memberikan pengarahan dalam kegiatan Rapat Koordinasi Pembinaan dan Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan Publik di wilayah Bakorwil V Jember, yang diselenggarakan di aula UPT Lembaga Tembakau Jember (24/5). Menurutnya, dengan adanya kewenangan baru yang diberikan kepada Bakorwil, maka sinergi dengan segenap potensi yang ada, termasuk dunia perguruan tinggi yang ada di wilayah Bakorwil menjadi kebutuhan.

“Dengan adanya Undang-Undang nomor 23 tahun 2016, maka kewenangan Bakorwil menjadi bertambah, yang semula hanya fungsi koordinasi kini Bakorwil memiliki kewenangan mengevaluasi, memfasilitasi dan memberikan rekomendasi dalam urusan pembangunan antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten dan kota. Untuk itu saya mendukung inisiatif Bakorwil V Jember menggandeng Universitas Jember, sebab pemikiran para akademisi bakal menjadi masukan berharga dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Bakorwil,” tutur H.M. Miftahul Ulum yang asli Jember ini.

Politisi asal Partai Kebangkitan Bangsa ini lantas mengharapkan kepada para hadirin yang merupakan perwakilan dari setiap Bakorwil yang ada di Jawa Timur agar memiliki paradigma baru dalam menjalankan tugas-tugasnya. “Dulu ada kesan Bakorwil hanya menjadi tempat parkir pejabat yang tidak kebagian posisi, namun dengan adanya kewenangan yang baru, kami di DPRD Jawa Timur ingin Bakorwil berubah lebih aktif. Oleh karena itu saya mengapresiasi Bakorwil V Jember yang merupakan Bakorwil baru, namun sudah aktif bersinergi dengan Universitas Jember. Semoga diikuti oleh Bakorwil lainnya,” imbuh H.M. Miftahul Ulum.

Sementara itu dalam pemaparan materinya, Moch. Hasan, Rektor Universitas Jember kembali menegaskan pentingnya peran Bakorwil sebagai supervisor penyelenggaraan pembangunan di wilayahnya kerjanya masing-masing. Untuk menjalankan peran sebagai supervisor penyelenggaraan pembangunan, maka Bakorwil perlu memiliki data yang lengkap dari seluruh kabupaten dan kota yang menjadi wilayah tugasnya. “Begitu banyak data, yang jika dianalisa dan diolah lebih lanjut bakal bermanfaat. Inilah yang disebut pemanfaatan Big Data, dan kami di Universitas Jember siap membantu Bakorwil V Jember,” jelas Rektor yang selalu konsisten menyebut kesatuan kabupaten dan kota di Bakorwil V dengan sebutan Besuki Raya.

Rapat koordinasi yang dibuka secara resmi oleh R. Tjahjo Widodo, Kepala Bakorwil V Jember juga menghadirkan pemateri Andrio Himawan dari Badan Perencanaan Provinsi Jawa Timur. Untuk diketahui, Bakorwil V Jember adalah Bakorwil terbaru di Provinsi Jawa Timur dimana wilayah kerjanya meliputi kabupaten dan kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi. (iim)