Universitas Khairun Ternate Belajar Tata Kelola Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan ke Universitas Jember

UnKhair

Jember, 22 Mei 2017

Universitas Jember dinilai berhasil dalam mengelola perencanaan dan keuangan. Salah satu buktinya adalah kunjungan tim Universitas Khairun Ternate, Maluku Utara, yang berniat belajar ke  kampus Tegalboto.  “Pada saat rapat koordinasi Satuan Pengawas Internal (SPI) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seluruh Indonesia, kami mendapat informasi bahwa sistem yang telah diterapkan di Universitas Jember mendapatkan predikat bagus. Inilah yang membuat kami ingin menggali pengalaman Universitas Jember lebih dalam,” ujar Herman Darwis, Ketua SPI Universitas Khairun. Hari itu Herman Darwis ditemani enam Pembantu Dekan II dari delapan fakultas yang ada.

Rombongan Universitas Khairun lantas diterima oleh Agus Maryono, Kepala Biro II bidang Administrasi Umum dan Keuangan, serta Sugiharto, Kepala Biro III bidang Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat di aula lantai II (22/5). Ketua SPI Universitas Khairun lantas menyampaikan harapannya untuk dapat belajar banyak dari Universitas Jember, khususnya menganai tata kelola rancangan anggaran dan perencanaan. “Kami sangat senang sekali dapat berkunjung ke Universitas Jember, dan kami berharap dapat belajar banyak, terutama untuk sistem tata pengelolaan dan perencanaan keuangan. Sehingga nanti bisa kami terapkan untuk pengembangan Universitas Khairun sendiri,” tutur Herman Darwis.

Sementara itu, Agus Maryono, menyampaikan Universitas Jember selalu terbuka lebar bagi seluruh perguruan tinggi yang hendak berkunjung untuk melakukan studi banding. Pasalnya ajang diskusi seperti ini dapat menjadi ajang bagi dirinya untuk belajar pengalaman PTN lain. “Kami berterima kasih atas kunjungan Universitas Khairun, semoga jalinan kerjasama ini bakal berlanjut. Merupakan kehormatan bagi Universitas Jember jika memberikan sumbangsih dalam pengembangan Universitas Khairun,” jelas Agus Maryono.

Selanjutnya Agus Maryono dan Sugiarto memaparkan pelaksanaan proses perencanaan dan pengelolaan keuangan di Universitas Jember. Termasuk di dalamnya menjelaskan mengenai Sistem Informasi Manajemen Anggaran (SIMANGGA), dan Sistem Informasi Keuangan (SIMKEU) UNEJ. Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi. (lid)