Universitas Jember Turut Dalam Gerakan Kampus Nusantara Mengaji

KampusNusantaraMengaji_UNEJ-630x330px

Jember, 13 Maret 2017

Universitas Jember turut serta dalam Gerakan Kampus Nusantara Mengaji yang digagas oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Kampus Tegalboto menjadi salah satu dari 40 PTN/PTS yang secara serempak melaksanakan khataman Al Qur’an, sekaligus melaksanakan teleconference dengan Menteri Ristekdikti, Muhammad Nasir yang tengah berada di Universitas Sebelas Maret, Solo. Kegiatan khataman Al Qur’an di Universitas Jember dipusatkan di Mesjid Al Hikmah Kampus Tegalboto (10/3), dipimpin langsung oleh Rektor, Moh. Hasan, didampingi oleh para dekan dan pejabat struktural di Universitas Jember, beserta mahasiswa. Turut hadir pula KH. Muhyidin Abdushomad, pengasuh Pondok Pesantren Nurul Islam Antirogo yang juga Rais Syuriyah PCNU Jember.

Acara dimulai selepas sholat maghrib dengan khataman Al Qur’an secara bin nadhor, yang kemudian dilanjutkan dengan sholat isya’ berjamaah. Sebelum teleconference dilaksanakan, para hadirin bersama-sama membaca sholawat nabi. Dalam teleconference, Muhammad Nasir mengharapkan agar Gerakan Kampus Nusantara Mengaji membawa kedamaian bagi bangsa dan negara Indonesia. Menteri Risetdikti juga berharap agar segenap sivitas akademika di semua kampus peserta Gerakan Kampus Nusantara Mengaji dapat mengamalkan ajaran Al Qur’an dalam keseharian. “Yang lebih penting lagi, semoga Gerakan Kampus Nusantara Mengaji dapat menjadi benteng bagi mahasiswa dalam menghadapi faham radikalisme,” jelas Muhammad Nasir yang menyempatkan menyapa Rektor Universitas Jember bersama para jamaah yang hadir di Masjid Al Hikmah.

Sementara itu ditemui seusai acara, Moh. Hasan mendukung kegiatan Gerakan Kampus Nusantara Mengaji. Pasalnya, kegiatan seperti ini sudah rutin diselenggarakan di kampus Tegalboto. “Alhamdulillah, setiap bulan sekali sudah rutin diadakan khataman Al Qur’an di kampus kita, serta kegiatan lain yang dimotori oleh para mahasiswa. Khususnya para mahasiswa kita yang memiliki kemampuan hafal Al Qur’an,” jelasnya. Moh. Hasan juga menegaskan dukungannya terhadap kegiatan-kegiatan bernuansa keagamaan di Kampus Tegalboto. “Universitas Jember juga memberikan apresiasi bagi mahasiswa maupun calon mahasiswa yang memiliki kemampuan dalam pemahaman agamanya masing-masing, misalnya saja bagi penghafal Al Qur’an bagi yang beragama Islam, juga bagi mereka yang memiliki prestasi dan kemampuan pemahaman agama sesuai dengan agamanya masing-masing,” pungkasnya. (iim)

Leave us a Comment