Universitas Jember Tuan Rumah POMDA Catur Jawa Timur

Catur

Jember, 16 Mei 2017

Universitas Jember kembali menjadi tuan rumah dalam ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (POMDA) Cabang Catur Jawa Timur 2017. Ini merupakan kali ketiga Kampus Tegalboto menjadi tuan rumah bagi pecatur mahasiswa untuk unjuk kebolehan. Kegiatan POMDA Cabang Catur dibuka langsung oleh Zulfikar, Wakil Rektor I Universitas Jember, di aula lantai 3 gedung rektorat dr. R. Achmad (16/5). Turut berlaga dalam kesempatan kali ini 51 atlet yang terdiri dari 36 atlet putra dan 15 atlet putri, mereka berasal dari 11 perguruan tinggi yang ada di Jawa Timur.

Dalam sambutan pembukaannya, Zulfikar berharap ajang seleksi cabang catur ini bakal mampu mencetak atlet catur terbaik, yang menjadi wakil Jawa Timur di tingkat nasional. “Saya berharap akan lahir grand master catur dari seleksi ini. Namun ingat walaupun menjadi juara adalah target semua peserta, namun tetap junjung tinggi sportivitas karena itulah esensi olahraga,” pesan Zulfikar. Wakil Rektor I juga  menyampaikan rasa bangganya karena dapat menjadi tuan rumah dalam seleksi ini untuk yang ketiga kalinya.

Untuk diketahui POMDA Cabang Catur Jawa Timur merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan atlet yang akan turun pada POMNAS Cabang Catur yang akan digelar bulan Oktober 2017 nanti di Makassar. Para atlet yang bakal bertanding hingga hari Kamis (18/5) nanti berasal dari 11 perguruan tinggi di Jawa Timur, diantaranya adalah Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Malang, Universitas Tribuana Tunggadewi Malang, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Wiraraja Sumenep, dan tuan rumah Universitas Jember.

Kampus Tegalboto sendiri mengirimkan sembilan atletnya, terdiri dari lima atlit putra yakni Alif Rahman, Gandis Eka, Govanda Adi, Imam Shonhaji serta Sugeng Aji Nugroho. Sementara atlit putri yang bertanding adalah Ilvi Maulida, Indah Verjayanti, Tutik wahidah, dan Yogis Pranidhana. Pertandingan catur bakal dipimpin oleh Ali Amran Muhammad, MN., dengan dibantu wasit yang bertugas Ujang Sety, WN., dan  Wahyu Hilmi, WNP. (lid)