Universitas Jember, Tuan Rumah MONEV PKM 2017 Se Besuki Raya

MONEVPKM

Jember, 10 Juli 2017

Universitas Jember menjadi tuan rumah kegiatan Monitoring Dan Evaluasi (MONEV) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Perguruan Tinggi se-Besuki Raya Tahun Akademik 2017/2018 (10/7). Acara pembukaan yang digelar di aula lantai 3 Gedung dr. R. Achmad ini dihadiri oleh 73 kelompok PKM yang berasal dari 14 perguruan tinggi se-Besuki Raya. Perguruan tinggi tersebut antara lain Politeknik Banyuwangi, STIK Banywangi, Universitas Tujuh Belas Agustus, PGRI Banyuwangi, Universitas Lumajang, STIE Widyatama, STT Nurul Jadid, Universitas Panca Marga, STIE Mandala Jember, Universitas Islam Jember, Universitas Muhammadiyah Jember, dan tuan rumah Universitas Jember.

Dalam sabutannya, Zulfikar, Wakil Rektor I Universitas Jember berharap agar seluruh kelompok memperhatikan masukan dari tim MONEV sebagai bahan untuk memperbaiki karya tulisnya. “Kami berharap, dari 73 kelompok yang datang pada MONEV kali ini, akan banyak yang maju ke Pekan Ilmiah Nasional 2017. Tentunya dengan terus melakukan perbaikan yang menjadi critical point  untuk meningkatkan kualitas sehingga bisa memberikan hasil yang baik,” ujar Zulfikar.

Universitas Jember sendiri mengirimkan 35 kelompok dalam PKM tahun ini. Mereka terdiri dari 9 tim dari FMIPA, 8 tim dari FKIP, 6 tim dari Fakultas Kedokteran, 4 tim dari Fakultas Kedokteran Gigi, 2 tim dari Fakultas Kesehatan Masyarakat. Sementara Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Teknik, Program Studi Sistem Informasi, Program Studi Ilmu Keperawatan mengirimkan satu kelompok. “Semoga kita bisa mengirimkan wakil ke Pekan Ilmiah Nasional 2017 nanti,” tambah Zulfikar.

Dalam acara MONEV PKM, masing-masing kelompok yang terdiri dari 5 mahasiswa  mempresentasikan karya tulis ilmiah mereka dengan waktu presentasi 10 menit. Bagi kelompok yang dinyatakan lolos MONEV bakal bertarung di tingkat nasional. Tentunya dengan memperhatikan arahan dan masukan dari tim MONEV. Sementara itu, Edwardus Bimo Aksono H, selaku Perwakilan Tim MONEV dari Ditjen Belmawa Dikti menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui perkembangan PKM masing-masing kelompok. “Tujuan program PKM adalah mencetak mahasiswa yang mampu berpikir secara ilmiah dan kreatif, yang diwujudkan dalam bentuk proposal, kegiatan dan laporan,” jelasnya.

Acara Monitoring Dan Evaluasi (MONEV) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Perguruan Tinggi se-Besuki Raya Tahun Ajaran 2017/2018 ini diikuti oleh sekitar 400 mahasiswa. Acara dilaksanakan dua hari pada tanggal 10-11 Juli 2017, mulai pukul 08.00-20.00 WIB. Selain dipusatkan di kampus Tegalboto, anggota tim MONEV juga menyempatkan diri mengunjungi kampus-kampus di seputaran Besuki Raya. (lid/nis)