Universitas Jember Tingkatkan Sinergi Dengan Media Massa

Kerjasama1

Jember, 23 Januari 2017

Universitas Jember terus berusaha menyebarluaskan berbagai informasi inovasi, kreasi serta kemajuan yang sudah dihasilkan oleh sivitas akademika Kampus Tegalboto. Salah satunya dengan menggandeng media massa, khususnya media cetak. Pernyataan ini disampaikan oleh Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember di saat penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Universitas Jember dengan harian pagi Radar Jember, Radar Bromo dan Radar Malang di aula lantai 2 gedung rektorat (22/1). Menurut rektor, pemilihan koran sebagai wahana menyebarluaskan informasi karena koran dinilai memiliki keunggulan sebagai referensi dan sumber informasi terpercaya.

“Sudah banyak inovasi, kreasi dan kemajuan yang ditorehkan oleh sivitas akademika Universitas Jember, namun jika tidak tersosialisasikan dengan baik kepada masyarakat maka hanya menjadi laporan aja. Oleh karena itu kami menggandeng Radar Jember, Radar Bromo dan Radar Malang agar makin banyak khalayak pembaca yang tahu kiprah Universitas Jember,” ujar Moh. Hasan. Kegiatan penandatanganan nota kesepahaman kali ini terbilang istimewa sebab dihadiri seluruh unsur pimpinan di Universitas Jember, dari wakil rektor, dekan, ketua lembaga, Unit Pelayanan Teknis hingga kepala biro.

Oleh karena itu, Moh. Hasan meminta kepada segenap dekan dan pimpinan unit kerja yang hadir untuk mulai memikirkan informasi unggulan apa yang bakal disebarluaskan ke khalayak pembaca. “Mari kita jadikan penandatanganan nota kesepahaman ini sebagai pintu untuk kerjasama yang lebih luas lagi, apalagi di era saat ini setiap institusi berlomba mempromosikan kiprahnya, jika kita hanya berdiam diri maka akan ditinggalkan masyarakat,” imbuh Moh. Hasan lagi.

Sementara itu dalam sambutannya, Choliq Baya, Direktur Utama Radar Jember mengapresiasi jalinan kerjasama yang kali ini telah menjalani tahun ketiga. Dirinya berharap kerjasama ini bakal menjadi simbiosis mutualisme diantara dua institusi. “Misalnya saja kami di Radar Jember setiap minggu menurunkan laporan khusus yang membahas permasalahan yang mencuat di tengah masyarakat, dan tentu saja untuk memperdalam bahasan kami  membutuhkan ulasan dari pakar, yang kebanyakan dari kalangan kampus seperti Universitas Jember. Bagi Universitas Jember, kemunculan pakarnya akan membuat kiprah mereka dikenal di masyarakat,” tutur wartawan senior ini.

Penandatanganan naskah nota kesepahaman dilakukan oleh Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember bersama para general manager dari ketiga koran, yakni Winardi Nawa Putra dari Radar Jember, H. A. Suyuthi dari Radar Bromo, serta Don Virgo dari Radar Malang. (iim)