Universitas Jember Terus Kembangkan Penelitian Bidang Bioteknologi

Jember, 29 Oktober 2015

Beragam penelitian bidang bioteknologi saat ini kian terus mendapat perhatian serius dari kalangan perguruan tinggi di tanah air termasuk Universitas Jember. Selama dua hari berturut-turut, Senin kemarin hingga hari ini selasa (29/10), Program Studi Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam bekerja sama dengan Universitat Kassel Germany, menggelar International Conference On Life Science and Biotechnology.

Kegiatan yang dilangsungkan di aula Hotel Aston ini menghadirkan para ilmuan dari beberapa negara (Korea, Taiwan, German). Sejumlah pakar dari Universitat Kassel Germany juga tampil sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan yang sama juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas Jember dengan Universitat Kassel Germany bidang Bioteknologi.

Dalam sambutannya Rektor Universitas Jember menyampaikan, keberagaman kekayaan hayati yang dimiliki oleh Indonesia harus benar-benar bisa dimanfaatkan secara maksimal. Namun menurutnya, hal itu juga harus diimbangi dengan upaya pelestarian secara berkelanjutan.

“Seperti halnya kekayaan hayati yang ada dibaluran disana sangat banyak sekali yang belum kita lestarikan, seperti rusa dan banteng kita harus mulai belajar bagaimana menangkarkan hewan tersebut agar tidak punah,” ujar Moh. Hasan Rektor Universitas Jember.

Rektor mengaku, dirinya sangat tertarik sekali untuk belajar bagaimana cara menangkarkan rusa yang ada Universitat Kassel Germany. Menurutnya, ada prospek bisnis yang bisa dikembangkan dalam penangkaran rusa.

“Kebetulan kami punya lahan yang bisa digunakan untuk melakukan hal tersebut ada sekitar 15 hektar dan saya rasa itu sudah cukup untuk bisa dijadikan tempat wisata edukasi,” paparnya.

Leave us a Comment