Universitas Jember Terima Mahasiswa Baru FKG dan FK Dari Jalur SBMPTBR

Jember, 12 Mei 2016.

Universitas Jember akan menerima mahasiswa baru untuk Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dan Fakultas Kedokteran (FK) melalui jalur mandiri, atau yang di Universitas Jember dikenal dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR) 2016. Informasi ini disampaikan langsung oleh Rektor, Moh. Hasan, kepada para jurnalis Jember di ruang kerjanya (10/5). “Jika di tahun-tahun sebelumnya FKG dan FK Universitas Jember hanya menerima mahasiswa baru dari jalur SNMPTN dan SBMPTN, tahun ini kita menerima juga dari jalur SBMPTBR,” jelas Rektor. Rencananya kuota mahasiswa baru yang disediakan untuk kedua program tersebut berkisar antara 25 sampai 30 orang mahasiswa baru.

Secara umum, Universitas Jember akan menerima 20 persen mahasiswa baru dari jalur SBMPTBR, sedangkan 40 persen akan diambil dari jalur SNMPTN dan sisanya dari jalur SBMPTN. “Namun perlu diperhatikan, skema pembiayaan kuliah bagi mahasiswa baru dari jalur SBMPTBR berbeda dengan mahasiswa yang diterima dari jalur SNMPTN dan SBMPTN,” kata Rektor. Menurut Moh. Hasan, mahasiswa baru dari jalur SNMPTN dan SBMPTN akan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibagi menjadi enam golongan berdasarkan kemampuan ekonomi masing-masing. Sementara bagi mahasiswa yang diterima melalui jalur SBMPTBR, membayar UKT yang besarannya sudah ditentukan. “Mahasiswa yang diterima dari jalur SBMPTBR juga dikenakan Sumbangan Pengembangan Institusi,” sambung Moh. Hasan.

Kebijakan ini menurut Moh. Hasan tidak bertentangan dengan aturan yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti. Berdasarkan ketentuan yang ada, setiap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) wajib menyediakan kuota sebesar 20 persen bangku kuliah bagi calon mahasiswa baru dari kelompok kurang mampu. Sedangkan kebijakan dalam penerimaan mahasiswa baru dari jalur mandiri, diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing PTN. “Dari data dan fakta yang ada selama ini, jumlah mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu di Universitas Jember berjumlah 50 persen lebih. Mereka adalah mahasiswa Bidik Misi dan mahasiswa dari jalur SBMPTN dan SNMPTN yang membayar UKT di golongan pertama dan kedua,” ujar Moh. Hasan.

Rektor juga menegaskan bahwa hasil tes dan prestasi siswa tetap akan menjadi ukuran utama dalam menerima mahasiswa dari jalur SBMPTBR. “Kami tidak akan mengorbankan kualitas calon mahasiswa, jika memang tidak memenuhi kriteria yang ada maka tentu tidak akan kami terima,” tutur Moh. Hasan lagi.  Untuk diketahui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR) akan dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama untuk jenjang sarjana dibuka pada 6 sampai dengan 25 Juni 2016, dan untuk jenjang diploma pada 13 sampai dengan 22 Juli 2016. (iim).

9 Comments

  • Erly
    Reply

    Selamat siang..
    Mohon infonya :
    1. Apa Unej mengadakan test tertulis untuk jalur SMBPTBR ?
    2. Terdiri dan brp biaya pendidikan masuk Unej jlaur SBMPTBR.

  • Fadia
    Reply

    Saya siswa SMK jurusan keperawatan dan sudah kelas 2, saya sangat ingin melanjutkan pendidikan dokter. Sekolah saya masih mengajarkan mapel mat,fisika,kimia juga biologi dan saya bimbel juga materi anak SMA . Di tambah pelajaran produktif juga ada mapel anatomi fisiologi, kesehatan masyarakat, undang undang kesehatan, kebutuhan dasar manusia dsb. Saya juga di bekali pengalaman praktek di RS selama 4 bulan dan disana saya juga bertemu banyak pasien, saya harus tau tindakan apa saja yang harus saya lakukan untuk pasien dengan segala macam penyakit jadi motivasi jadi dokter juga ga kurang ( ini bahkan sudah lebih banyak dan cukup mendalam daripada anak SMA ) . Untuk soal nilai menurut saya tidak masalah. Yang saya takutkan saya tidak menerima kesempatan yang sama layaknya anak SMA? Adakah jalur yang objektif dan murni melihat kemampuan tanpa membedakan saya berasal darimana?

    • adelina firdaus
      Reply

      selamat pagi sauadari fadia, mohon maaf untuk jalur SNMPTN 2017 UNEJ tidak menerima siswa lulusan SMK untuk program studi Pendidikan Dokter.Disarankan mencari Universitas yang bisa menerima lulusan SMK pada Program studi Pendidikan Dokternya. Informasi daftar program studi tersebut dapat di lihat pada web. SNMPTN http://www.snmptn.ac.id

  • Yoyok
    Reply

    Mohon Informasi,kok Bank Mitra Mandiri Unit Asembagus kok sampai tanggal 21 Juli 2016 katanya belum ada info dari UNEJ untuk pendaftaran Gelombang II SBMPTBR ya….?,apa harus ke kantor Cabang Bank Mandiri di Situbondo….?

    • khalida nadilah
      Reply

      silahkan menghubungi bagian akademik UNEJ di no 0331 335055.

  • DINDA
    Reply

    Pendaftaran jalur sbmptbr apa bisa on line

  • DINDA
    Reply

    MOHON INFORMASI APAKAH SISWA DARI SURABAYA DAPAT MENGIKUTI JALUR SBMPTBR ?

    • khalida nadilah
      Reply

      ya tentu bisa. pendaftaran SBMPTBR dibuka untuk calon mahasiswa dari seluruh Indonesia. terima kasih.

Leave us a Comment