Universitas Jember Terima 2345 Calon Mahasiswa Baru Dari jalur SNMPTN

Jember, 10 Mei 2016.

Universitas Jember menerima 2345 calon mahasiswa baru dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2016. Kepastian ini diperoleh hari Senin (9/5), saat pengumuman hasil SNMPTN dikeluarkan oleh panitia pusat. “Awalnya Universitas Jember merencanakan akan menerima 2472 mahasiswa baru dari jalur SNMPTN, namun setelah melewati seleksi hanya 2345 yang kami anggap layak menjadi calon mahasiswa baru,” jelas Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember, Agung Purwanto di Kampus Tegalboto (10/5).

Agung Purwanto kemudian menegaskan bahwa para calon mahasiswa baru ini akan menjalani tahapan daftar ulang yang dimulai dengan proses verifikasi secara online mulai tanggal 13 sampai dengan 21 Mei 2016. “Kami mohon calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN menyiapkan berkas-berkas seperti bukti scan raport serta berkas lain guna bahan menentukan Uang Kuliah Tunggal seperti scan pembayaran tagihan PLN, kepemilikan kendaraan bermotor dan lainnya. Untuk informasi lengkap silahkan membuka website Universitas Jember,” kata dosen FISIP ini.

Dari data panitia pusat SNMPTN, tahun ini ada 645.202 siswa seluruh Indonesia yang mengikuti SNMPTN, sedangkan yang diterima hanya sejumlah 115.178, atau hanya 17 persen saja yang lolos. “Bagi yang tidak lolos, masih ada jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan jalur mandiri yang diselenggarakan oleh tiap-tiap PTN,” kata Agung lagi. Khusus untuk jalur SBMPTN masih membuka pendaftaran sampai tanggal 20 Mei 2016. Oleh karena itu Agung menghimbau kepada para siswa yang berminat mengikuti SBMPTN untuk segera mendaftar, dan menghindari mendaftar di saat-saat akhir.

Sementara itu khusus untuk penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri di Universitas Jember dikenal dengan nama Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR) yang akan dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama untuk jenjang sarjana dibuka pada 6 sampai dengan 25 Juni 2016, dan untuk jenjang diploma pada 13 sampai dengan 22 Juli 2016. “Pada SBMPTBR  tahun ini, kami membuka pendaftaran untuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi,” jelas Agung.

Namun Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember menegaskan bahwa ada perbedaan pembiayaan bagi mahasiswa yang diterima melalui SNMPTN dan SBMPTN, dengan SBMPTBR. “Uang Kuliah Tunggal untuk mahasiswa dari jalur SNMPTN dan SBMPTN dibagi menjadi enam kelompok, berbeda dengan SBMPTBR yang hanya ada satu kelompok saja. Mahasiswa yang diterima melalui jalur SBMPTBR juga dikenakan Sumbangan pengembangan Institusi,” pungkas Agung. (iim)

Leave us a Comment