Universitas Jember Terima 2.301 Calon Mahasiswa Baru Dari SNMPTN 2017

Moch.Hasan_UNEJ

Jember, 3 Mei 2017

Universitas Jember tahun akademik 2017/2018 ini menerima 2.301 calon mahasiswa baru dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Jumlah calon mahasiswa baru tersebut adalah hasil seleksi terhadap 27.441 siswa dari seluruh Indonesia yang memilih Universitas Jember. Informasi ini disampaikan oleh Moch. Hasan, Rektor Universitas Jember kepada para wartawan yang menemuinya di kampus Tegalboto (3/5). Selanjutnya, para calon mahasiswa baru ini wajib menyelesaikan tahapan verifikasi data yang akan dilaksanakan hingga tanggal 5 Mei 2017, dan tahap registrasi ulang pada tanggal 16 Mei 2017.

“Tahun ini, program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat mendapatkan animo tertinggi untuk rumpun sains keteknikan dengan jumlah pendaftar mencapai 1.652, disusul program studi Farmasi dan Pendidikan Dokter dengan jumlah peminat 1.525 dan 1.371. Sementara untuk rumpun sosial humaniora masih dipegang oleh program studi Manajemen dengan peminat berjumlah 1.953, diikuti oleh Akuntansi dengan 1.301 dan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan dengan 889 peminat,” jelas Moch. Hasan.

Rektor Universitas Jember lantas menghimbau agar para calon mahasiswa yang diterima dari jalur SNMPTN segera melakukan verifikasi ulang. Pasalnya dari data yang ada, baru 30 persen saja yang telah menyelesaikan proses mengunggah data yang meliputi bio data pendaftar, data keluarga dan data kondisi ekonomi yang kesemuanya akan digunakan dalam menentukan Uang Kuliah Tunggal (UKT). “Sementara registrasi ulang akan dilaksanakan pada tanggal 16 Mei nanti, bersamaan dengan ujian bagi peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN. Sengaja dibarengkan dengan harapan bagi siswa yang sudah diterima di SNMPTN tidak mengikuti SBMPTN,” jelas Moch. Hasan lagi.

Pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi juga memberikan perhatian kepada calon mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu. Hal ini ditunjukkan dengan pemberian beasiswa Bidik Misi yang bakal memberikan biaya kuliah selama empat tahun dan biaya bulanan kepada penerimanya. “Dari jalur SNMPTN tahun ini, ada 6.308 peserta yang mengajukan beasiswa Bidik Misi dan memilih kuliah di Universitas Jember, sementara yang diterima hanya 407 orang saja. Untuk tahun lalu total penerima beasiswa Bidik Misi di kampus Tegalboto dari jalur SNMPTN dan SBMPTN sejumlah 1000 mahasiswa,”  pungkas Moch. Hasan. (iim)