Universitas Jember Telah Meluluskan 82.158 Mahasiswa

Jember, 18 Agustus 2015

Saat ini lulusan Universitas Jember yang semuanya tergabung didalam Keluarga Alumni Universitas Jember (KAUJE) sudah mencapai 82158 lulusan dan sudah tersebar diseluruh nusantara dan Manca negara. Sedikitnya sesuai data yang kami miliki alumni Universitas Jember sudah tersebar di 7 negara.

Demikian yang disampaikan oleh Rektor, Drs. Moh. Hasan, MSc PhD saat mewisuda 799 orang mahasiswa lulusan Universitas Jember dalam upacara wisuda periode IV  tahun akademik 2014/2015 di Gedung Soetardjo (15/8). Menurut rektor, prestasi akademik yang diraih oleh para wisudawan kali ini cukup bagus. Karena menurutnya rata-rata para mahasiswa yang diwisuda lulus tepat waktu.

“Bahkan ada fakultas yang semua lulusannya tepat waktu (8 semester) demikian pula dengan fakultas yang lain angka mahasiswa yang lulus tepat waktu mencapai angka diatas 50 persen dan banyak diantara menyandang predikat cumlaude” ujar Rektor.

Dari prestasi tersebut rektor berpesan kepada para wisudawan untuk terus meningkatkan kompetensi diri. Proses wisuda menurutnya bukanlah akhir dari sebuah pembelajaran namun justeru menjadi awal untuk mengikuti proses pembelajaran secara langsung di lingkungan masyarakat.

“Setelah ini kalian akan memasuki univerisitas yang baru yaitu dunia kerja dan masyarakat, di sana kalian akan berproses bersama mengaplikasikan apa yang kalian dapatkan di perkuliahan maka dari itu terus tingkatkan komampuan agar kalian mampu memenangkan persaingan,” pesan rektor.

Dalam kesempatan yang sama hadir pula Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEKAB) Kabupaten Lumajang Ir. Indah Amperawati. M.Si untuk memberikan orasi ilmiah alumni. Dalam orasinya perempuan yang akrab disapa Indah ini mengaku sangat bangga menjadi alumni Universitas Jember.

“Saya anak bungsu (terakhir) dari delapan bersaudara semuanya kuliah di Universitas Jember dan kami semua 8 bersaudara sangat bangga kuliah di Unej, bahkan kakak saya Bupati Lumajang Almarhum Sjahrazad Masdar juga lulusan Universitas Jember,” papar Indah.

Universitas Jember tidak hanya mampu mencetak para sarjana yang mampu bersaing di dalam dunia kerja namun juga mampu melahirkan orang-orang yang dinamis yang mampu menjawab semua tantangan. “Buktinya saya seorang Insinyur namun mampu mengemban amanah sebagai Kepala BAPPEDA dengan sangat baik jadi tidak ada alasan bagi sarjana lulusan Universitas Jember untuk tidak berbangga pada almamater,” imbuh Indah. (Mj)

Leave us a Comment