Universitas Jember Siapkan Program Studi Baru

Jember, 18 Mei 2016.

Universitas Jember tengah mempersiapkan diri untuk membuka tiga program studi baru untuk jenjang sarjana (S1). “Ketiga program studi baru jenjang S1 itu adalah Program Studi Teknologi Informasi, Program Studi Ekonomi Islam, dan Program Studi Pendidikan Sains,” jelas Moh. Hasan di ruang kerjanya (18/5). Dari ketiga program studi tersebut, Program Studi Teknologi Informasi dipastikan akan mulai menerima mahasiswa baru tahun akademik 2016/2017 melalui jalur ujian mandiri Universitas Jember atau yang dikenal dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR).

“Untuk Program Studi Teknologi Informasi ijinnya sudah terbit dan akan bergabung dengan Program Studi Sistem Informasi, sementara untuk Program Studi Ekonomi Islam dan Pendidikan Sains, ijinnya masih dalam proses mengingat kedua program studi tadi akan menempati Kampus 2 Universitas Jember di Bondowoso,” ujar Moh. Hasan.

Lokasi Kampus 2 Universitas Jember berada di Desa Poncogati, Curahdami yang sengaja dipersiapkan sebagai Pusat Pengembangan Pendidikan Bondowoso. Keberadaan Kampus 2 Universitas Jember ini adalah kerjasama antara Universitas Jember dengan Pemerintah Kabupaten Bondowoso, dimana lahan disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Bondowoso.

“Perlu diperhatikan di Kampus Tegalboto, Jember, tidak membuka kedua program studi tersebut. Jadi calon mahasiswa yang ingin masuk ke Program Studi Ekonomi Islam dan Pendidikan Sains kuliahnya yah di Bondowoso,” kata Rektor lagi. Jika berjalan mulus, maka pembukaan Program Studi Ekonomi Islam dan Pendidikan Sains, akan dilanjutkan dengan pembukaan program studi lainnya seperti Perikanan, Kelautan dan juga Peternakan. Keputusan membuka Kampus 2 Universitas Jember juga dilandasi kedekatan jarak antara Jember dengan Bondowoso, sehingga diharapkan memudahkan mobilitas mahasiswa kelak.

Pada kesempatan yang sama, rencana pembukaan program studi baru juga diungkapkan oleh Pembantu Dekan I Fakultas Teknik Universitas Jember, Syamsul Arifin. Menurutnya Fakultas Teknik tengah mengajukan ijin pembukaan Program Studi Teknik Kimia. “Kami terus memantau perkembangan proses ijin pembukaan Program Studi Teknik Kimia, semoga berjalan lancar. Fakultas Teknik juga berencana membuka program studi lain seperti Teknik Perkapalan.

Hingga saat ini Universitas Jember memiliki 76 program studi yang terdiri dari 5 program studi doktoral, 17 program studi magister, 41 program studi S1, 4 program profesi, dan 9 program studi diploma. (iim)

Leave us a Comment