Universitas Jember Siapkan Program Studi Baru

wawancara rektor_unej

Jember, 30 Desember 2016

dutakampus_rektor_unejUniversitas Jember bersiap membuka program studi baru di tahun 2017. Tiga program studi baru yang sudah turun surat keputusannya adalah Program Studi Proteksi Tanaman dan Program Studi Ilmu Tanah di Fakultas Pertanian, serta Program Magister Teknik Sipil di Fakultas Teknik. Sementara itu untuk Program Studi Pendidikan Geografi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), sudah mendapatkan ijin dari Kemenristekdikti dan kini tinggal menunggu terbitnya surat keputusan. “Selain itu kami juga tengah memproses pembukaan Program Studi Teknik Perminyakan, Teknik Pertambangan, Teknik Lingkungan, Perkebunan, Peternakan, dan Ilmu Gizi,” jelas Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember, saat ditemui pada bincang-bincang santai di  teras lantai 2 gedung rektorat dr. R. Achmad (30/12).

Menurut rektor, pembukaan program studi baru untuk strata satu (S1) dan strata dua (S2) ini sudah melalui kajian dan pertimbangan yang matang, serta memperhitungkan kemampuan Universitas Jember. Selain itu pembukaan program studi baru menyesuaikan  dengan kebijakan Kemenristekdikti, salah satu contohnya adanya kebijakan pengembangan ilmu-ilmu keteknikan untuk meningkatkan jumlah insinyur di Indonesia. “Pembukaan program studi baru seperti Teknik Perminyakan, Teknik Pertambangan, dan Teknik Lingkungan mengacu kepada kebutuhan di lapangan yang masih membutuhkan banyak lulusan di bidang tersebut. Harapannya, kebutuhan akan ahli keteknikan di berbagai bidang dapat dipenuhi oleh perguruan tinggi di Indonesia sendiri,” ujar Moh. Hasan.

 Untuk mempersiapkan pembukaan program studi baru tersebut, Universitas Jember telah melakukan berbagai langkah, salah satunya merekrut tenaga dosen dan mempersiapkan sarana serta prasarana yang dibutuhkan. “Kita sudah membuka rekrutmen dosen kontrak atau yang kini dikenal sebagai Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja untuk Program Studi Teknik Perminyakan, Teknik Pertambangan, Teknik Lingkungan, Perkebunan, dan Peternakan. Dari data di Bagian Kepegawaian, pelamarnya sudah melebihi 200 orang,” tutur Moh. Hasan. Khusus untuk pendaftaran tenaga dosen kontrak, dibuka semenjak tanggal 19 Desember lalu dan berakhir hari ini (30/12).

Menariknya, beberapa program studi akan berkampus di Bondowoso, yakni Program Studi Perkebunan, Peternakan, Ilmu Gizi, dan Ekonomi Syariah. Khusus untuk Program Studi Ekonomi Syariah sudah dibuka tahun 2016 lalu, dan sudah menerima mahasiswa. “Kami bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bondowoso dalam membuka Universitas Jember di Bondowoso. Universitas Jember menyediakan sumber daya manusia dan kurikulum, sementara Pemerintah Kabupaten Bondowoso mempersiapkan sarana dan prasarana,” jelas Rektor Universitas Jember. Saat ini Pemerintah Kabupaten Bondowoso telah mempersiapkan lahan seluas 14 hektar untuk kampus Universitas Jember di Bondowoso, termasuk telah membangun aula dan gedung perkuliahan.

Pembukaan Universitas Jember di Bondowoso didasari pada potensi wilayah, sekaligus diharapkan dapat membantu pengembangan ekonomi dan sosial budaya di Bondowoso. Selain itu, jarak Bondowoso dan Jember yang tidak terlalu jauh memudahkan mobilitas dosen dan mahasiswa. “Kami melihat Bondowoso memiliki banyak potensi, misalnya di bidang perkebunan dan peternakan, oleh karena itu Universitas Jember bersepakat dengan pemerintah Kabupaten Bondowoso untuk membuka Program Studi Perkebunan dan Peternakan, bahkan tidak menutup kemungkinan program studi yang sudah ada di Kampus Tegalboto akan dibuka juga di Bondowoso,” tambah Moh. Hasan.

Dengan penambahan program studi baru tersebut, pada tahun 2017 Universitas Jember diperkirakan bakal menerima mahasiswa baru sejumlah 6.300 orang, meningkat dari tahun-tahun sebelumnya yang semula berkisar lima ribuan mahasiswa baru. Sementara itu data yang ada, hingga Desember 2016 Kampus Tegalboto memiliki 85 program studi yang terdiri dari 9 program studi diploma, 46 program studi sarjana, 5 program studi profesi, 20 program magister, dan 5 program doktoral. “Target ke depan, secara bertahap Universitas Jember bakal menambah program studi hingga memiliki 100 program studi di tahun 2020,” pungkas Moh. Hasan yang berharap tahun 2017 kampus Tegalboto semakin berkembang dan berprestasi. (iim)

2 Comments

  • Agus
    Reply

    Maaf mau tanya nih, untuk cara pendaftaran prodi baru yang tempatnya di kampus bondowoso dimana ya?
    terimkasih.

Leave us a Comment