Universitas Jember Siapkan Lima Program Studi Baru Di SNMPTN 2017

UNEJ-SMKN1Pro_unej-630x330px

Jember, 19 Januari 2017

Universitas Jember menyiapkan lima program studi baru dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017. Informasi ini disampaikan langsung oleh Agung Purwanto, Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember saat menerima rombongan guru SMKN 1 Probolinggo yang tengah berkunjung ke kampus Tegalboto (19/1). Kelima program studi baru tersebut adalah Ilmu Tanah dan Proteksi Tanaman di Fakultas Pertanian, Teknologi Informasi di Program Studi Sistem Informasi, Ekonomi Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Pendidikan IPA di FKIP.

Menurut Agung Purwanto, dibukanya program studi baru di Universitas Jember memberikan peluang bagi siswa-siswi, khususnya dari SMKN 1 Probolinggo serta pelajar lainnya untuk menuntut  ilmu di Kampus Tegalboto. “Saran saya, bagi siswa SMK hendaknya memilih program studi yang linier dengan jurusannya saat di sekolah, hal ini mengingat jurusan di SMK yang sudah terspesialisasi, beda dengan SMA. Misalnya saja siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dapat memilih program studi Teknologi Informasi, atau yang jurusan Akuntansi bisa memilih program studi Akuntansi,” jelas Agung Purwanto.

Oleh karena itu, Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember menghimbau sekolah untuk segera mengisikan nilai dan data pendukung siswanya pada Pangkalan Data Sekolah Dan Siswa (PDSS), mengingat pengisian nilai sudah dibuka semenjak tanggal 14 Januari hingga 10 Februari nanti. Proses SNMPTN bakal dilanjutkan dengan proses verifikasi PDSS mulai 15 Januari sampai dengan 12 Februari 2017. Hasil verifikasi ditandai dengan pemberian PIN bagi siswa yang dinyatakan berhak mendaftarkan diri di SNMPTN. “PIN tadi yang digunakan untuk mendaftarkan diri dari 21 Februari sampai dengan 6 Maret 2017 melalui laman snmptn.ac.id, dilanjutkan dengan pencetakan kartu peserta SNMPTN mulai 14 Maret hingga 14 April 2017. Proses seleksi SNMPTN tanggal 15 Maret hingga 15 April 2017. Rangkaian kegiatan akan diakhiri dengan pengumuman pada tanggal 26 April 2017,” tambah Agung Purwanto lagi.

Seperti diketahui, SNMPTN adalah pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan raport serta portofolio siswa. Oleh karena itu siswa yang berhak ikut serta dalam SNMPTN, merupakan siswa yang berprestasi di sekolahnya. Namun sedikit berbeda dengan pelaksanaan SNMPTN tahun 2016, untuk tahun ini Panitia Pusat SNMPTN memberlakukan aturan baru. Untuk sekolah dengan akreditasi A, maka 50 persen siswa terbaiknya dapat mendaftarkan diri. Sementara untuk sekolah dengan akreditasi B mendapatkan kuota 30 persen, sekolah akreditasi C memperoleh kuota 10 persen, dan kuota 5 persen untuk sekolah tanpa akreditasi. “Pada saat pengisian PDSS, sekolah memasukkan nilai seluruh siswa kelas XII-nya, nanti sistem yang akan membuat peringkat secara otomatis,” jelas Agung Purwanto.

Sementara itu Erlan Santoso, salah seorang guru SMKN 1 Probolinggo menjelaskan jika kunjungan ke Kampus Tegalboto dalam rangka menyerap informasi mengenai SNMPTN 2017 dan segala sesuatu mengenai Universitas Jember. “Kami mendapatkan banyak informasi berharga dari hasil pertemuan kali ini, harapannya makin banyak siswa SMKN 1 Probolinggo yang melanjutkan kuliah di perguruan tinggi, khususnya Universitas Jember,” kata Erlan Santoso. (iim)

Leave us a Comment