Universitas Jember Siapkan Empat Program Studi Baru

< p style="text-align: right;">Universitas Jember kini tengah menyiapkan empat program studi baru. Keempat program studi baru tersebut adalah Program Studi Teknik Pertambangan, Teknik Industri Pertanian, Teknik Informatika dan Teknik Lingkungan. Pembukaan empat program studi baru ini dalam rangka mendukung program MP3EI (Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia) yang merupakan rujukan pembangunan ekonomi Indonesia.

 

Universitas Jember kini tengah menyiapkan empat program studi baru. Keempat program studi baru tersebut adalah Program Studi Teknik Pertambangan, Teknik Industri Pertanian, Teknik Informatika dan Teknik Lingkungan. Pembukaan empat program studi baru ini dalam rangka mendukung program MP3EI (Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia) yang merupakan rujukan pembangunan ekonomi Indonesia.

Menurut Pembantu Rektor I Universitas Jember, Drs. Zulfikar, PhD, keempat program studi baru tersebut dibuka dengan mempertimbangkan sumber daya yang ada di Kampus Tegalboto, terutama sumber daya laboratorium dan kesiapan fakultas pendukung. Diharapkan, lulusannya nanti akan menjadi sumber daya manusia (SDM) yang kompeten untuk mendukung MP3EI, terutama di Indonesia bagian timur. “Khusus untuk sumber daya manusia memang masih perlu disiapkan untuk mengisi posisi dosen di empat program studi yang akan dibuka di Universitas Jember,” jelasnya. 

MP3EI sendiri merupakan amanah yang harus ditanggapi secara positif oleh berbagai elemen, termasuk oleh dunia perguruan tinggi. Perguruan Tinggi memiliki tugas dan peran dalam penyediaan SDM dan IPTEK sesuai koridor ekonomi yang dituju dan  sesuai potensi daerah. Pembukaan empat program studi baru ini tentunya sudah disesuaikan dengan potensi Jember dan daerah di seputaran Jember. 

Guna mempersiapkan pembukaan empat program studi baru tersebut, Universitas Jember menggelar kegiatan workshop “Analisis MP3EI & Ketahanan Nasional Untuk Menentukan Program Studi, Arah, Riset & Kerjasama” yang diselenggarakan pada tanggal 25 dan 26 Februari 2013 di aula lantai III Gedung Rektorat dr. R. Achmad Kampus Tegalboto Universitas Jember mulai jam 08.30 WIB.

Dalam sambutan pembukaannya Rektor Universitas Jember, Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD berharap pembukaan empat program studi baru dapat memenuhi kebutuhan tenaga terdidik dalam rangka mensukseskan program MP3EI. “Jangan sampai sumber daya alam yang kita miliki justru diolah oleh tenaga asing, sementara kita hanya jadi penonton saja,” katanya.

Menurut ketua panitia kegiatan, Syamsul Arifin, ST., MT rencananya pembukaan keempat program studi baru ini direalisasikan pada tahun 2016. “Workshop ini membahas persiapan pendirian program studi baru termasuk bagaimana mempersiapkan para pengajarnya,” ujar Pembantu Dekan I Fakultas Teknik ini. 

Hadir sebagai pembicara utama, Prof. Lilik Hendrajaya, MSc., PhD Guru Besar Fisika yang juga mantan Rektor Insitut Teknologi Bandung periode 1997-2001. Pemateri kedua adalah dosen FMIPA Institut Teknologi Surabaya, Dr. Melania S. Muntini, MT. Peserta yang akan hadir adalah para dosen di perguruan tinggi negeri dan swasta di Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo dan Probolinggo. (iim)

2 Comments

  • Fahir Hassan
    Reply

    Mohon penulis berita lebih teliti lagi, Dr. Melania S. Muntini, MT adalah dosen ” Institut Teknologi Sepuluh Nopember” bukan Institut Teknologi Surabaya

    • adelina firdaus
      Reply

      selamat pagi, terima kasih atas ralatnya,

Leave us a Comment