Universitas Jember Semakin Berprestasi

Jember, 19 November 2015

Saat ini masyarakat sudah mulai benar-benar merasakan keberadaan Universitas Jember. Kontribusi yang diberikan oleh Universitas Jember melalui ragam penelitian yang telah dilakukan memberikan dampak positif terhadap masyarakat luas.

Demikian yang disampaikan oleh Rektor Universitas Jember Moh. Hasan saat menyampaikan pidato tahunan rektor di gedung Soetardjo Universitas Jember, (19/11). Pada kesempatan itu rektor memaparkan beragam pencapaian yang telah diraih oleh Universitas Jember baik dilevel nasional maupun internasional.

“Tingkat nasional mahasiswa kita banyak sekali yang menjadi juara satu apalagi mobil listrik yang memang langganan juara, PSIK, FKG, FK, tidak jarang tampil terbaik dalam setiap kompetisi. Beberapa waktu lalu tim dari Unej meraih medali emas dan perunggu dalam pekan ilmiah nasional,” papar rektor.

lebih jauh rektor memaparkan, untuk tingkat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pun banyak yang tampil sebagai juara. “UKM Reog misalnya mendapat penghargaan pelestari Reyog terbaik padahal kita berada jauh dari kota asalnya (Ponoro). Bahkan yang unik lagi mahasiswa Universitas Jember mewakili Indonesia dalam kompetisi Bridge dunia,” lanjut rektor.

Dalam paparannya itu rektor juga menunjukkan hasil-hasil dari penelitian Universitas Jember yang memberikan manfaat langsung dalam mengentaskan kemiskinan. “Di daerah Gumukmas banyak masyarakat yang dilibatkan dalam proses produksi chipping singkong, belum lagi petaninya, dan produk turunan tepung mocaf lainnya,” imbuhnya.

Selain itu menurutnya, Universitas Jember telah berhasil menemukan Tebu transgenik yang pertam di dunia. “Ini luar biasa bukan hanya untuk Indonesia tetapi tebu ini sudah dilirik oleh negara lain untuk dikembangkan, kedepan kami juga akan mengembangkan padi varietas baru padi transgenik,” imbuhnya lagi.

Dalam diesnatalis yang ke-51 ini rektor berharap hasil-hasil penelitian yang ada diharapkan mampu membantu pemerintah dan nasyarakat dalam rangka upaya pengentasan kemiskinan. “Itu semata-mata agar masyarakat merasakan manfaat keberadaan kita, kita sudah dapat Akreditasi A itu artinya secara kelembagaan kita sudah bagus dan harapannya masyarakat juga menilai kita demikian,” pungkas rektor.

Leave us a Comment