Universitas Jember Sema’an

Jember, 11 Oktober 2014

Universitas Jember gelar Khataman Al-Quran bersama para penghafal Al-Quran (Hufads), (10/11). Kegiatan Khataman Al-Quran atau yang lebih lazim disebut dengan Sema’an ini merupakan rangkaian acara dari Festival Tegalboto dalam rangka memperingati 50 tahun berdirinya Universitas Jember. Bertempat di Masjid Al-Hikmah para Huffads dengan begitu fasih melantunkan ayat-ayat suci Al-quran yang juga dikuti oleh puluhan mahasiswa menyimak (nyemak) bacaan.

Semaa’n dan Istigosah merupakan bagian dari penutup rangkaian acara Festival Tegalboto yang bernuansa Islami. Sebelumnya sudah digelar beberapa kegiatan diantaranya, Pekan Ekonomi Syariah, lomba hafalan Al-Quran tingkat TK dan SD serta lomba MTQ tingkat mahasiswa Universitas Jember.

Prof. Dr. Ek. M. Saleh, SE., MSc selaku Pembantu Rektor III menyampaikan acara Semaa’an dan Istigosah diselenggarakan sebagai wujud rasa syukur Universitas Jember yang kini genap berusia 50 tahun.

“Acara ini merupakan bentuk syukur Unej yang kini sudah berusia 50 tahun sekaligus untuk mendoakan Unej semoga kedepan menjadi universitas yang semakin baik dan melahirkan lulusan yang bisa selamat Dunia Akherat,”ungkapnya.

Selama ini Sema’an Alquran yang terpusat di Masjid Al-Hikmah telah diselaengarakan secara rutin setiap bulan. Hal itu dilakukan dalam rangka untuk menanamkan nilai spiritual pada para mahasiswa. Hal itu merupakan sebagai salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Jember agar bisa melahirkan generasi yang beraklakul karimah yang mampu menjawab dan menyelesaikan persoalan bangsa dan negara baik secara akademik maupun secara agama. (Mj)

Leave us a Comment