Universitas Jember Raih Akreditasi A

Jember, 12 Agustus 2015

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memberikan nilai akreditasi A kepada Universitas Jember. Akreditasi A tersebut tertuang dalam Surat Kepurusan (SK) BAN-PT nomor 710 tahun 2015 tentang nilai dan peringkat akreditasi institusi perguruan tinggi yang akan berlaku hingga tahun 2020 mendatang.

“Alhamdulillah Universitas Jember meraih nilai A, tanggal 4 Juli 2015 lalu Sk-nya keluar dan akan berlaku selama 5 tahun kedepan, tidak banyak yang mendapatkan predikat A oleh karena itu tidak ada lagi alasan untuk tidak mensyukuri atas predikat ini,” ujar Rektor Universitas Jember Moh. Hasan dihadapan 6362 mahasiswa baru.

Menurutnya, seluruh keluarga besar Universitas Jember termasuk juga mahasiswa baru patut berbangga atas predikat A tersebut. “Akreditasi A itu menandakan kita sudah berada sejajar dengan perguruan tinggi besar lainnya, jadi tidak perlu lagi menundukan kepala saat ditanya kuliah dimana, jawab dengan tegas dan keras kalo kalian kuliah di Universitas Jember,” imbuhnya.

Sementara itu Pembantu Rektor Universitas Jember Drs. Zulfikar, PhD menjelaskan, kegiatan Tri Dharma Universitas Jember memiliki nilai yang bagus dalam penilaian Akreditasi. “Kegiatan Tri Dharma kita memiliki regulasi yang jelas dan ada SK Rektor yang didasarkan pada potensi dan kekuatan yang kita miliki,” paparnya.

Drs. Zulfikar, PhD menambahkan, untuk meningkatkan kompetensi lulusan dan tenaga pendidik, ke depan Universitas Jember akan terus mendorong para dosen untuk terus mengembangkan penelitian. “Penelitian dan pengabdian akan terus kami dorong baik dosen ataupun mahasiswa, kusus untuk mahsiswa kami akan membangun kebiasan menulis dan berinovasi dalam karya ilmiah dan ini bagian dari proses pembinaan akademik dalam rangka meningkatkan prestasi mahasiswa,” pungkasnya.

Senada dengan Drs. Zulfikar, PhD, Pembantu Rektor III bidang kemahasiswaan Prof. Saleh menyampaikan, khusus bagi mahasiswa baru angkatan 2015 mereka memiliki kewajiban untuk membuat sebuah karya ilmiah. “Wajib hukumnya, ini dimaksudkan agar mereka terbiasa dengan menulis dan saya yakin kebiasan itu adalah hal yang bagus siapa tau dari ribuan karya itu setidaknya 10 persennya bisa lolos Pekan Ilmiah Mahasiswa,” ujar Prof. Saleh. (Mj)

7 Comments

  • Yuliainurrohmaj
    Reply

    Akreditasi universita tahun 2007 ada tidak ya…
    Klo ada saya mw ke akademik

    • adelina firdaus
      Reply

      Maaf mba Yuli untuk Akreditasi Universitas tahun 2017 tidak ada

  • Aina
    Reply

    Assalamualaikum
    ..admin saya ingin menanyakan apakah bisa download surat akreditasi universitas sesuai dengan kelulusan saya..saya lulusan juli 2012..
    Maturnuwun informasinya

  • Eka Apriliesta
    Reply

    Mau tanya kalo lulusan tahun 2007 akreditasi universitas jember apa ya ? Mohon untuk direspon.
    Terimakasih

  • Nina
    Reply

    Assalamualaikm..
    Saya ingin menanyakn untuk lulusan 2014 menggunakan akreditasi yg mana y, mengingat utk yg predikat B berakhir tahun 2013, dan yg terbaru mulai tahun 2015…terima ksh..

  • Miss Shaff
    Reply

    Assalamualaikum, selamat siang Admin. saya ingin menanyakan perihal Surat Akreditas Kampus dan Prodi apa bisa diunduh dari laman website resmi Universitas Jember. Saya alumni tahun 2016. Mohon pencerahannya. Atas bantuan dan jawabnnya saya ucapkan terima kasih.

    • adelina firdaus
      Reply

      Selamat siang miss, perihal Akreditasi Universitas bisa langsung datang di Kantor Pusat UNEJ bagian Akademik.

Leave us a Comment