Universitas Jember Perluas Kerjasama Dengan Universitas Di Jepang

Jember, 20 November 2014

Universitas Jember telah lama memiliki kerjasama bidang Akademik dengan beberapa Universitas yang ada di Jepang, salah satunya Osaka Perfecture University (OPU) Jepang. Implementasi dari kerjasama itu berupa pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, melakukan penelitian bersama maupun kegiatan akademik lainnya.

Demikian yang disampaikan oleh Prof. Bambang Sugiharto ketua Center for Development of Advanced Science and Technology (CDAST) disela-sela kuliah umum internasional di gedung Soerahman, (18/11). Dalam kuliah yang diikuti oleh sekitar 250 orang itu menghadirkan Prof. Masakazu Anpo sebagai pemateri tunggal.

Prof. Masakazu Anpo adalah seorang ahli bidang Kimia Biologi yang saat ini sedang menjabat sebagai Direktur Plant Factory Osaka Perfecture University (OPU) Jepang. Prof. Anpo demikian sapaan akrabnya, saat ini sedang focus pada penelitian aktifitas biologis tumbuhan khususnya Fotosintesis.

Sementara itu Dr.Yuli Witono STP.,M.P. Dekan Fakulutas Teknologi Pertanian yang selama aktif dalam membangun kerjasama internasional menuturkan, kehadiran Prof. Anpo merupakan salah satu wujud implementasi dari kerjasama yang telah dilakukan sebelumnya.

“Kami memang telah lama menjalin kerjasama dengan OPU dan beberapa Universitas yang ada di Jepang dan kegiatan ini adalah salah satu bentuk implementasi dari kerjasama itu,” ujar Dr. Yuli. Bahkan menurut Yuli, beberapa dosen yang kini sudah bergelar Pofesor juga lulusan dari OPU. “Hal itulah salah satu yang bisa menguatkan hubungan antara Unej dan OPU,” imbuh Yuli.

Noviana Putri salah satu peserta mengaku sangat senang dengan kuliah internasional ini. Karena menurutnya, materi yang disampaikan dengan menggunakan bahasa Inggris secara penuh bisa melatih mahasiswa dalam kemampuan bahasa inggrisnya.

“Kan kalo bertanya kita juga pakai bahasa Inggris, jadi kalo ingin bertanya yan dituntut harus berani ya walaupun beberapa penanya tadi masih agak terbata-bata dalam menyampaikan pertanyaannya,” ujar Noviana. (Mj)

Leave us a Comment