Universitas Jember Mulai Uji Coba Beban Kerja Dosen Online

Jember, 19 Agustus 2016

Universitas Jember semakin serius untuk mewujudkan diri menjadi smart campus. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya aplikasi online yang dikembangkan untuk menunjang proses akademik dan administrasi yang ada. Salah satu aplikasi online yang mulai diuji coba adalah penerapan Beban Kerja Dosen (BKD) Online. “Kami ingin semua aktivitas dosen yang berkaitan dengan beban kerja bisa terekam dengan baik, sehingga rekam jejaknya bisa ditelusur dengan mudah. Aplikasi BKD Online diharapkan dapat mempermudah penilaian kinerja dosen,” ujar Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember saat menghadiri acara uji coba penerapan BKD Online di Fakultas Farmasi (16/8).

Masih menurut Moh. Hasan, melalui aplikasi BKD online kinerja setiap dosen akan semakin terukur dan terekam secara detail. Dirinya mengaku, sistem dari aplikasi ini sama persis dengan sistem yang dimiliki oleh Kemenristekdikti. “Kalau dulu dosen yang tidak mengajar namun masuk dalam tim pengajar masih bisa mendapatkan point atau nilai, namun dengan BKD Online kejadian seperti itu bakal tidak ada lagi,” tambahnya.

Sementara itu, Lestyo Wulandari, Dekan Fakultas Farmasi Universitas Jember, menyambut gembira penetapan fakultasnya sebagai pilot project penerapan BKD Online. Pasalnya ini berarti Fakultas Farmasi dinilai sebagai fakultas yang memiliki kesiapan baik dari sisi sarana dan prasarana, serta kesiapan sumber daya manusia. “Kami akan berupaya agar pelaksanaan BKD Online di Fakultas Farmasi berjalan sesuai dengan rencana,” ujar Dekan Fakultas Farmasi.

Untuk diketahui, aplikasi BKD Online adalah aplikasi yang mencatat semua aktivitas dosen yang meliputi bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan adanya aplikasi BKD Online, maka para dosen Kampus Tegalboto tidak perlu lagi direpotkan dengan permasalahan dokumentasi dan pengarsipan data-data yang ada. (mun).

Leave us a Comment