Universitas Jember Mulai Terapkan E-Learning

e_learning_UNEJ-700×426

Jember, 8 Maret 2018

Universitas Jember mulai menerapkan E-Learning dalam proses belajar mengajar. Penerapan E-Learning mengacu kepada kebijakan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang akan mengembangkan dan memperluas E-Learning di perguruan tinggi.  Pernyataan ini disampaikan oleh Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember di Kampus Tegalboto (8/3). “Sesuai dengan arahan Menristekdikti, perguruan tinggi diminta untuk mengembangkan dan memperluas E-Learning, penerapan E-Learning sebagai antisipasi revolusi industri 4.0 dan jawaban atas kemajuan teknologi informasi dan komunikasi,” katanya.

Moh. Hasan lantas menambahkan, penerapan E-Learning memungkinkan proses belajar mengajar dilakukan dimana saja, borderless, classroomless dan paperless. Untuk mewujudkan E-Learning, Universitas Jember mulai berbenah menyiapkan sistem dan sarana pendukung, dalam hal ini Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) menjadi motor dengan dukungan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). “Salah satu contohnya selain menerapkan E-Learning kita juga menerapkan kebijakan pendukung berupa finger prints bagi dosen dan mahasiswa pada setiap perkuliahaan, pada tahap awal diberlakukan di Fakultas Hukum, yang nantinya akan diterapkan di semua fakultas,” tuturnya.

Sementara itu Akhmad Taufiq, Ketua LP3M menjelaskan, kebijakan penerapan E-Learning diambil dalam rangka melakukan percepatan kelembagaan. Dalam konteks pembelajaran, Universitas Jember harus melakukan penyesuaian di era ketika jarak telah dimatikan sedemikian rupa. “Pada dua minggu pertama ini, dapat kita lihat melalui sistem monitoring yang dikembangkan UPT TIK Universitas Jember, 95 persen dosen sudah adaptif dan terintegrasi dengan pembelajaran berbasis E-Learning ini,” jelasnya.

Guna mensukseskan penerapan E-Learning, LP3M sendiri telah melakukan berbagai usaha, dimulai dengan kegiatan lokakarya Training of Trainer (ToT) pada 8 Februari 2018 di aula LP3M, pelatihan E-Learning di semua fakultas pada 18 hingga 23 Februari 2018. “LP3M telah membuat panduan E-Learning dan template perangkat pembelajaran yang sangat memudahkan pengguna. Dengan demikian, diharapkan pembelajaran di Universitas Jember dapat optimal memfasilitasi semua dosen dalam rangka transformasi dan interaksi pembelajaran melalui media e-learning yang telah dikembangkan sedemikian rupa. Kami juga mengadakan evaluasi yang dilakukan pada 26 Februari hingga 7 Maret 2018,” katanya. (LP3M/iim)