Universitas Jember Mulai Kembangkan Kajian Pembangunan Islami

Jember, 10 September 2015

Untuk mendukung kemajuan dan perkembangan akademik, Universitas Jember terus mengembangkan jalinan kerjasama dengan universitas lain dari dalam maupun luar negeri. Seperti yang baru saja dilaksanakan penandatanganan MoU antara Universitas Jember dengan Universiti Sains Malaysia (USM) dalam bidang pembangunan ekonomi Islami.

“Kurang lebih sudah ada 52 kerjasama yang telah kami lakukan bersama Universitas yang ada di luar negeri,” demikian yang disampaikan oleh Rektor Universitas Jember Moh. Hasan saat mengikuti Konfrensi Internasional Pembangunan Islami di aula lantai III FISIP Universitas Jember, (10/9).

Dalam paparannya rektor menjaleskan, kerjasama dengan USM sebenarnya sudah terjalin sejak tahun 2012 lalu. “Ini merupakan kulminasi dari serangkaian kegiatan bersama yang telah dilakukan oleh teman-teman yang ada di FISIP dengan salah satu pusat kajian pembangunan Islami (ISDEV) yang ada di USM dan tadi malam kami sudah melakukan penandatanganan MoU untuk lebih meningkatkan kerjasama bidang pembangunan Islami,” paparnya.

Rektor menjelaskan, latar belakang dijalinnya kerjasama dengan USM dikarenakan USM merupakan salah satu universitas yang serius dalam melakukan penelitian tentang pembangunun berbasis Islam. “Di Unej masih jarang, padahal Jember masyarakatnya religius dimana banyak tumbuh pesantren oleh karenanyalah dalam perkembangannya juga harus memperhatikan local wisdom salah satunya dengan banyak melakukan kajian Islami yang sesuai dengan bidang keilmuan yang ada,” jelas rektor.

Lebih jauh rektor menjelaskan, selama ini kerjasama antara ISDEV dengan FISIP sudah berjalan dengan baik. Kerjasama itu berupa diadakannya pemaparan hasil kajian bersama bidang pembangunan Islami dan kajian ekonomi Islami. “Bahkan beberapa dosen dari FISIP juga ada yang sedang belajar disana dan kedepan tidak hanya dengan FISIP bisa dengan fakultas Ekonomi memang yang mengawali adalah FISIP,“ imbuh rektor.

Sementara itu, Prof. Datok Dr. Omar Osman Vice Chancellor USM menyatakan sangat bangga bisa menjalin kerjasama dengan Universitas Jember. Menurutnya pihak USM sudah lama menunggu adanya penandatanganan MoU tersebut.

“Memang sejak 2012 kami sudah menjalin hubungan namun ini pertama kalinya saya datang kesini untuk membahas dan kemudian menandatangani MoU bidang kajian Islam, kedepan kerjasama ini harus terus dikembangkan,” ujarnya. (Mj)

2 Comments

  • moch masduki
    Reply

    Yth pak rektor
    Bismillahirrohmaanirrahim
    Guna hadirkan berkah Alloh dalam jabatan bapak, saya sarankan tolong perhatikan fasilitas air untuk bersuci berwudlu di masjid al hikmah unej.sebab sering saya dapatkan air habis dan mahasiswa takmir tdk berkemampuan bersolusi
    Terima kasih

    • Dian Novanto
      Reply

      baik terimakasih atas sarannya…

Leave us a Comment