Universitas Jember, Miniatur Indonesia

HariPancasila_UNEJ_1

Jember, 2 Juni 2017

Universitas Jember adalah miniatur Indonesia, karena sivitas akademika-nya berasal dari Sabang hingga Merauke. Para mahasiswa, dosen dan karyawan kampus Tegalboto berasal dari latar belakang beragam suku, agama dan adat istiadat. Keberagaman ini wajib dikelola dengan baik agar menjadi modal persatuan Indonesia. Pesan ini disampaikan oleh Zulfikar, Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember pada kesempatan upacara peringatan Hari Pancasila, 1 Juni 2017, di lapangan upacara Universitas Jember.

Pada saat membacakan pidato Presiden Republik Indonesia dalam upacara tersebut, Zulfikar menegaskan upacara Hari Pancasila untuk kali pertama ini diharapkan meneguhkan kembali pemahaman akan Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia. Apalagi saat ini Ke-Bhineka-an Indonesia tengah mendapatkan ujian dengan berbagai peristiwa yang mengancam persatuan dan kesatuan nusantara. “Pancasila sudah terbukti berhasil menjadi pemersatu bangsa, oleh karena itu mari kita laksanakan nilai-nilai luhur Pancasila dalam keseharian,” ajaknya.

Zulfikar juga mengingatkan bahwa sebagai bangsa, kita wajib belajar pada pengalaman-pengalaman negara lain yang akhirnya terpecah karena tidak mampu menjaga keberagamannya. “Kita adalah Indonesia, Kita adalah Pancasila,” tegasnya. Upacara diikuti oleh segenap mahasiswa, dosen dan karyawan Universitas Jember yang walaupun dalam masa puasa, namun tetap khidmat mengikuti jalannya upacara dari awal hingga akhir. (iim)