Universitas Jember Mencari Mahasiswa Berprestasi

Mawapres-1_UNEJ-768×511

Jember, 19 Maret 2018

Universitas Jember kembali mengadakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2018 tingkat perguruan tinggi. Sebanyak 16 peserta yang terdiri dari 15 mahasiswa tingkat strata sarjana, dan 1 mahasiswa strata diploma bertarung untuk menjadi yang terbaik yang bakal mewakili kampus Tegalboto di Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Nasional 2018. Setelah menjalani seleksi administrasi, rekam jejak prestasi akademik dan non akademik, pengumpulan karya tulis ilmiah, serta psikotes, kini para wakil dari masing-masing fakultas mempresentasikan karya tulis ilmiah di hadapan dewan juri di gedung CDAST (19/3).

“Tahun ini, panitia pusat Pilmapres menetapkan Sustainable Development Goals (SDGS) sebagai tema karya tulis ilmiah,” kata Andre Ramani, ketua panitia kegiatan di sela-sela jalannya presentasi oleh tiap mahasiswa. Menurut Wakil Dekan III Fakultas Kesehatan Masyarakat ini, masing-masing nilai yang dikumpulkan oleh mahasiswa dalam setiap tahapan bakal diakumulasikan dan peserta dengan nilai tertinggi akan mewakili Universitas Jember ke Pilmapres tingkat nasional pada bulan April nanti. “Kandidat terpilih akan mendapatkan pembinaan dari tim khusus berupa peningkatan kemampuan Bahasa Inggris, pembinaan kepribadian, dan akan difasilitasi untuk pembuatan video yang menjadi salah satu prasyarat dalam mengikuti Pilmapres Tingkat Nasional 2018,” imbuhnya lagi.

  Salah satu peserta Pilmapres tingkat Universitas Jember adalah Umroh Makhmudah, mahasiswi Fakultas Ilmu Komputer. Dalam sesi presentasi, Umroh memaparkan karya tulis imiahnya yang berjudul “SINERGI.IN Berbasis Supply Chain Management System Sebagai Media Peningkatan Kesejahteraan Pengrajin Dalam Industri Kreaif Kerajinan”. Mahasiswi angkatan 2015 ini sengaja memilih judul karya tulis ilmiah yang terkait dengan tujuan ke sembilan dari SDGs yaitu, membangun infrastruktur yang berketahanan, mendorong industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan, serta kesempatan kerja penuh, produktif dan pekerjaan yang layak bagi semua orang.

Penentuan topik yang dipilih Umroh dilatarbelakangi oleh pengalamannya saat berdiskusi dengan Kepala Dinas Perindustrian  dan Perdagangan Kab. Jember. Dari diskusi yang dilakukan Umroh, diketahui kesejahteraan pelaku industri kerajinan tangan di Ambulu, Jember, masih belum tercapai dengan baik karena masih minimnya pengetahuan dari pengrajin dalam hal pemasaran dan inovasi produk. “SINERGI.IN merupakan sarana yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan pengrajin tentang inovasi dan kualitas produk sehingga bisa dijual di pasaran dan dapat memperluas  pasar produk dari si pengrajin. Sehingga akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan pengrajin,” tutur mahasiswi angkatan 2015 tersebut.

Lebih lanjut, Umroh Makhmudah menyampaikan sistem SINERGI.IN yang digagasnya terdiri dari aplikasi mobiledan website yang dapat menjadi portal untuk pengrajin untuk mengenal produk serta memudahkan pengrajin untuk mengembangkan jaringan. Umroh juga menyampaikan bahwa dirinya sangat bersyukur karena dapat mengikuti seleksi Pilmapres Universitas Jember 2018 kali ini mewakili Fakultas Ilmu Komputer. “Senang sekali dapat mengikuti ajang Pilmapres karena menambah pengalaman dan teman baru. Saya akan berusaha semaksimal mungkin agar dapat memberikan yang terbaik dalam seleksi ini,” tutur mahasiswi yang juga merupakan marcom director Komunitas Young On Top Jember tersebut. (lid/iim)