Universitas Jember Luncurkan Beasiswa Berkarya

Berkarya-1-768×432

Jember, 31 Mei 2018

Universitas Jember meluncurkan Program Beasiswa Berkarya bagi mahasiswanya. Namun sedikit berbeda dengan beasiswa lainnya, mahasiswa penerima beasiswa ini memiliki kewajiban magang di berbagai unit kerja yang ada di Universitas Jember. Menurut Zulfikar, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, saat ditemui di Kampus Tegalboto (31/5), tercatat ada 194 mahasiswa dari berbagai fakultas yang lolos dan mulai menjalankan magang. Para mahasiswa penerima Beasiswa Berkarya bakal magang di empat bidang yakni bidang layanan kehumasan, bidang layanan laboratorium, bidang layanan perpustakaan, dan membantu persiapan akreditasi program studi.

“Beasiswa Berkarya diluncurkan dengan tujuan membantu para mahasiswa, khususnya yang berasal dari keluarga kurang mampu dan sekaligus memberikan pengalaman kerja yang diharapkan dapat menjadi bekal saat mereka lulus dan mencari kerja nanti,” tutur Wakil Rektor I Universitas Jember. Zulfikar menambahkan, jika Beasiswa Berkarya periode pertama ini berjalan lancar, maka bakal dilanjutkan lagi, dan bidang magangnya pun dapat ditambah. Dari data yang ada, 102 mahasiswa magang di bidang kehumasan, 46 mahasiswa magang di bidang layanan laboratorium, 25 mahasiswa di bidang layanan perpustakaan dan sisanya membantu persiapan akreditasi program.

Sementara itu M. Jazuli, Kepala Bagian Kemahasiswaan Universitas Jember menambahkan, seleksi Beasiswa Berkarya diadakan di setiap fakultas yang meliputi seleksi akademik dan wawancara. Mereka adalah mahasiswa yang mendapatkan penetapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di kelompok pertama dan kedua, atau yang membayar UKT sebesar 500 ribu rupiah dan 1 juta rupiah per semesternya. “Mahasiswa yang menerima Beasiswa Berkarya melaksanakan magang selama 10 hingga 12 jam per minggunya. Setiap bulan mereka akan mendapatkan bantuan uang sebesar tiga ratus lima puluh ribu rupiah yang akan diterima selama sembilan bulan,” imbuh M. Jazuli.

Guna mempersiapkan para mahasiswa yang magang, setiap unit kerja membekali mahasiswa dengan seperangkat pengetahuan dan pedoman kerja, seperti yang dilakukan oleh Bagian Humas dan Protokol Universitas Jember. Para mahasiswa yang magang di bidang kehumasan berkumpul di aula lantai 3 gedung Soerachman untuk menerima arahan dan seluk beluk terkait pekerjaan di bidang kehumasan (31/5). “Kami ingin agar setiap kiprah di fakultas dan unit kerja terpublikasikan kepada khalayak, dan salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan laman dan media sosial resmi milik fakultas dan unit kerja yang ada. Untuk itu kami kumpulkan para mahasiswa yang magang hari ini untuk menyamakan persepsi, dan akan ditindaklanjuti dengan pemberian pelatihan kehumasan,” ujar Rokhmad Hidayanto, staf Humas dan Protokol Universitas Jember, yang hari itu memandu kegiatan.

Program Beasiswa Berkarya mendapatkan sambutan positif, salah satunya dilontarkan oleh Wahyuningsih, yang magang di bidang kehumasan. Menurutnya selain mendapatkan beasiswa setiap bulan, dirinya mendapatkan tambahan ilmu baru. “Saya baru tahu jika bidang kerja kehumasan itu sangat luas, saya senang ikut program ini karena banyak mendapatkan pengetahuan baru, yang berguna saat nanti lulus kuliah,” ucap mahasiswi Fakultas Teknologi Pertanian yang didaulat menjadi koordinator mahasiswa yang magang di bidang kehumasan ini. (iim)