Universitas Jember Launching Buku Pancasila Sebagai Realitas

Jember, 15 Agustus 2016

BukuPancasila1Universitas Jember terus berkomitmen untuk menjadi perguruan tinggi yang mengkaji Pancasila dari berbagai perspektif. Komitmen ini dibuktikan dengan tradisi peringatan Hari Pancasila dengan beragam aktivitas, serta tradisi penulisan buku terkait Pancasila. Tahun 2016 ini, Universitas Jember kembali me-launching buku mengenai Pancasila berjudul Pancasila Sebagai Realitas : Percik Pemikiran Tentang Pancasila dan Isu-Isu Kontemporer di Indonesia. Peluncuran buku ini dilaksanakan pada Senin, 15 Agustus 2016 di Ruang Sidang Senat, Gedung rektorat dr. R. Achmad, Kampus Tegalboto.

Al Khanif sebagai editor menjelaskan, secara garis besar, buku yang berisi tulisan dari dosen Universitas Jember dan perguruan tinggi lain ini sedikit berbeda dengan buku sebelumnya. “Jika edisi sebelumnya tema besar bukunya sudah ditentukan oleh editor, maka edisi kali ini justru kami membebaskan para kontributor untuk menulis tentang Pancasila berdasarkan latar belakang kompetensi mereka masing-masing,” jelas dosen Fakultas Hukum lulusan School Of Oriental & African Studies, University of London ini.

Buku yang mulai digarap sejak pertengahan bulan Mei 2016 ini terbagi ke dalam enam kluster tema Pancasila. Diantaranya adalah, Pancasila dalam realitas hukum, Pancasila dalam realitas Hak Asasi Manusia, Pancasila dalam realitas keagamaan Indonesia, Pancasila dalam realitas isu-isu sosial di Indonesia, Pancasila dalam realitas demokrasi Indonesia, dan Pancasila dalam realitas isu-isu kesehatan dan moralitas generasi muda Indonesia.

Sementara itu dalam sambutannya, Rektor Universitas Jember, Moh. Hasan,  menyampaikan apresiasi  kepada para penulis dan editor atas terbitnya buku tersebut. Moh. Hasan berharap dengan diterbitkannya buku tersebut akan dapat memberikan manfaat dan kontribusi bagi bangsa Indonesia yang tahun ini memperingati kemerdekaannya yang ke 71. “Saya berharap dengan terbitnya buku ini akan menjadi komitmen Universitas Jember untuk memberikan manfaat bagi Indonesia. Saya mendukung penuh tradisi penulisan buku Pancasila, semoga di tahun-tahun berikut makin banyak  rekan-rekan penulis yang mengkaji Pancasila dari sudut yang akan lebih beragam,” tutur Moh. Hasan.

Acara peluncuran buku Pancasila Sebagai Realitas : Percik Pemikiran Tentang Pancasila dan Isu-Isu Kontemporer di Indonesia kemudian dilanjutkan dikusi. Acara dihadiri oleh dosen di lingkungan kampus Tegalboto dan perguruan tinggi di Jember, pemerhati masalah sosial dan mahasiswa. Buku ini diharapkan dapat memberikan perspektif baru bagi masyarakat dan menambah khazanah Pancasila agar pembaca dapat mengambil sari hikmah pemikiran para penulis. Sebagai informasi tahun 2015 lalu Universitas Jember menerbitkan buku mengenai Pancasila berjudul Reaktualisasi Pancasila : Menyoal Identitas, Globalisasi, dan Diskursus Negara-Bangsa. (lid/tfk)

Leave us a Comment