Universitas Jember Kembali Kukuhkan Tiga Profesor

Jember, 12 Mei 2015

Universitas Jember kembali mengukuhkan tiga profesor dari bidang keilmuan yang berbeda, (12/5). Pengukuhan tiga professor tersebut dilansungkan di gedung Universitas Jember dan dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Jember Drs. Moh. Hasan M.Sc, Ph.D. Tiga ilmuwan yang dikukuhkan menjadi profesor tersebut yakni Drs. Dafik, M.Sc, Ph.D., dikukuhkan sebagai professor bidang ilmu Matematika Diskrit: Kombinatorika dan Teori Graf. Dr. Akhmad Sofyan, M.Hum, dikukuhkan sebagai professor dalam bidang ilmu morfologi bahasa Madura. Sedangkan  Dr.Suratno, M.Si, dikukuhkan sebagai professor bidang ilmu pembelajaran Biologi.

Berikut adalah biografi dari tiga professor yang akan dikukuhkan

Prof. Drs. Dafik, M.Sc, Ph.D.

Prof. Drs. Dafik, M.Sc, Ph.D. lahir di Kota Situbondo, pada tangal 2 Agustus 1968 silam. Prof. Drs. Dafik, M.Sc, Ph.D. menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) diselesaikan di kota kelahirannya Situbondo. Kemudian dengan penuh semangat beliau mampu menyelesaikan program sarjana Pendidikan Matematika pada tahun 1992 di FKIP Universitas Jember. Pada tahun yang sama beliau kemudian diangkat menjadi dosen program studi pendidikan Matematika sejak tahun 1992 sampai dengan saat ini.

Gelar Master diperoleh dari University of Manchester Institute of Science and technology (UMIST) U.K Inggris tahun 1998 bidang Numerical Computation, sedangkan gelar doktornya diperoleh dari School of Information and Technology and Mathematical Science (ITMS) University of Ballarat, Australia tahun 2007 dalam bidang Matematika Diskrit: Kombinatorika dan Teori Graf. Sejak Agustus 2013.

Beberapa jabatan dan tugas pernah dia emban diantarnya; jabatan dosen dengan tugas tambahan yang diterimanya adalah Ketua Laboratorium Komputer FKIP UNEJ, 1998-2004, Ketua Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember 2008-2013, Ketua Penyunting jurnal Pancaran Pendidikan FKIP Universitas Jember 2013-sekarang, ketua Perhimpunan Alumni dan Pemerhati Pendidikan Matematika Indonesia (PERHAPPMI) sejak 2010-sekarang, sampai sekarang. Sebagai sekretaris Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan (LP3) Universitas Jember 2013-sekarang. dan sebagai sekretaris Research Group CGANT (Combinatorics Graph Theory and Network Topology) Universitas Jember 2014-sekarang.

            Selain aktif mengajar di Universitas Jember, aktivitasnya juga dicurahkan pada kegiatan penelitian. Beberapa penelitiannya telah dipublikasikan dalam jurnal nasional maupun internasional seperti: (1) Artikel dengan judul: On antimagic labelings of disjoint union of complete s-partite graphs terpublikasi pada the Journal of Combinatorial Mathematics and Combinatorial Computing, 2008; (2) Artikel dengan judul: Antimagic labeling of the union of stars terpublikasi pada the Australasian Journal of Combinatorics, 2008; (3) Artikel dengan judul: Edge-antimagic Total Labeling of Disjoint Union of Caterpillars terpublikasi pada the Journal of Combinatorial Mathematics and Combinatorial Computing, 2008; (4) Artikel dengan judul: Antimagic Labeling of Disjoint Union of s-Crowns terpublikasi pada jurnal Utilitas Mathematica, 2009; (5) Artikel dengan judul: On Super (a,d)-edge-antimagic total labeling of disconnected graphs terpublikasi pada Discrete Mathematics Journal, 2009; (6) Artikel dengan judul: On Diregularity of Digraphs of Defect at Most Two terpublikasi pada The Journal of Combinatorial Mathematics and Combinatorial Computing, 2009; (7) Artikel dengan judul: Super Edge-Antimagic Total Labeling of mKn,n,n terpublikasi pada jurnal ARS Combinatoria;

            Selain sebagai saintisi dalam bidang matematika murni, karier dalam bidang pendidikan juga terus dikembangkan melalui pembimbing skripsi S1 dan S2 bidang pendidikan matematika dan termasuk menjadi berapa narasumber lokal, nasional dan international seperti: (1) Nara sumber bidang pendidikan dasar dan menengah terkait Kurikulum 2013,  (2) Nara sumber pengembangan karya tulis ilmiah untuk guru kelas dan guru bidang studi, (3) Nara sumber pelatihan pedagogik dasar (PEKERTI) dan lanjut (AA) untuk dosen, (4) Nara sumber pengembangan kurikulum perguruan tinggi 2013 berbasis KKNI di beberapa PTN dan PTS, (5) Nara sumber teknik pengembangan Rancangan Pembelajaran Semester, (6) Nara sumber pengembangn students centered learning, (7) Nara sumber sinkronisasi penelitian dosen dan mahasiswa, Fasilitator  pengembangn model-model cooperative learning, (8)  Fasilitator  pengembangn research based learning di perguruan tinggi, (9) Nara sumber sinkronisasi penelitian dosen dan mahasiswa serta pengembangan Google Scholar Profile.

            Beberapa International Workshop dan Conference yang dihadirinya adalah sebagai berikut: (1) Australasian Workshop on Combinatorial Algorithms (AWOCA) University of Ballarat Australia; (2) International Postgraduate Seminar/CGAN Meeting University of Ballarat Australia; (3) Australasian Workshop on Combinatorial Algorithms (AWOCA) King’s Canyon, Central Australia; (4) Cycle and Colouring Workshop Hightatras, Slovakia Europe; (5) International Conference on Graph Theory and Information Security (ICGTIS) ITB Bandung; (6) International Workshop on Combinatorial Algorithms University of Newcastle Australia; (7) CIMPA­Indonesia School on Extremal Problems and Hamiltonicity in Graphs ITB Bandung, (8) IndoMS International Conference on Mathematics and Its Applications (IICMA) UGM Yogyakarta; (9) Graphmaster Workshop ITB Bandung, (10) Academic Visit to Faculty of Science and Education University of Srinakharinwirot Bangkok Thailand; (11) Academic Visit to Mathayomwatnairong Haigh School Bangkok Thailand, Academic Visit to University of Malaya dan USIM Malaysia.

Filosofi dasar kesuksesannya di ilhami oleh beberapa pesan moral diantaranya yang disampaikan oleh (1) Nabiyullah Muhammad SAW yang menyatakan bahwa:  Pahlawan bukanlah orang yang berani meletakkan pedangnya ke pundak lawan, tetapi pahlawan sebenarnya ialah orang yang sanggup menguasai dirinya dikala ia marah; (2) Thomas Alva Edison yang menyatakan bahwa: Banyak kegagalan dalam hidup ini dikarenakan orang-orang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka gagal; (3) Ernest Newman yang menyatakan bahwa: Orang-orang hebat di bidang apapun bukan baru bekerja karena mereka terinspirasi, namun mereka menjadi terinspirasi karena mereka lebih suka bekerja; dan terakhir (4) Mahatma Gandhi yang menyatakan bahwa: Jadilah kamu manusia yang pada kelahiranmu semua orang tertawa bahagia, tetapi hanya kamu sendiri yang menangis; dan pada kematianmu semua orang menangis sedih, tetapi hanya kamu sendiri yang tersenyum; (5) Firman Allah SWT (QS.21:128):  “Kullu Nafsin Dzaiqotul Maut” artinya: Semua yang bernyawa pasti mengalami mati. Maka kita harus berkarya dan beribadah untuk bekal dikemudian hari.

Prof. Dr. Akhmad Sofyan, M.Hum,

Prof. Dr. Akhmad Sofyan, M.Hum, lahir di Sumenep, 16 Mei 1968 yang merupakan anak ke-2 dari 6 bersaudara dari pasangan suami istri Moh. Ilyas (alm) dan Muzaimah. Pendidikan SD sampai SMA ditempuh di kota kelahirannya Sumenep.

Pada tahun 1986-1991 beliau menempuh pendidikan sarjana (S1) pada Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Jember. Kemudian pada tahun 2005 pria yang akrab disapa dengan Prof. Sofyan ini berhasil menyelesaikan pendidikan pascasarjana (S2) pada Program Studi Linguistik UGM Yogyakarta. Pada tahun 2006 sampai Desember 2009 Prof. Sofyan menempuh Program Doktor (S3) pada Program Studi Linguistik UGM.

Prof. Sofyan diangkat sebagai Profesor dalam bidang Morfologi Bahasa Madura sejak Juni 2013 dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 71932/A4.3/KP/2013. Menjadi dosen pada Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Jember sejak Januari 1992. Pada awal karier akademiknya, penulis tertarik pada kajian Bahasa Politik sehingga menghasilkan beberapa tulisan yang telah dipublikasikan di jurnal ilmiah. Akan tetapi, karena keprihatinannya yang mendalam terhadap kondisi Bahasa Madura, sejak tahun 1997 perhatian dan kajiannya difokuskan pada Bahasa dan Budaya Madura. Beberapa hasil kajiannya tentang Bahasa Madura telah dimuat di beberapa jurnal ilmiah dan diterbitkan dalam bentuk buku.

Prof. Dr.Suratno, M.Si

Prof. Dr.Suratno, M.Si, lahir di Kota Sragen tanggal 25 Juni 1967. Beliau merupakan salah satu peneliti yang banyak mengembangkan penelitian khususnya bidang kajian pengembangan pembelajaran. Pada tahun 2010 beliau melakukan penelitian terkait dengan perangkat penelitian dengan judul “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Genetika dengan Strategi Metakognetif unttuk Memberdayakan Kecakapan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep.”

Pada tahun 2011 Prof. Dr.Suratno, M.Si, kembali melakukan penelitian dengan judul penelitian “Pengembangan Penilaian Portofolio Yang Memberdayakan Keterampilan Berpikir.” Pada tahun yang sama Prof. Dr.Suratno, M.Si,  kembali melakukan penelitian dengan judul “Penguasaan Siswa Terhadap Kompetensi Mata Pelajaran Ujian Nasional: Gambaran Keberhasilan, Kegagalan dan Faktor Penyebabnya Serta Alternatif Model Solusinya di Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo.

Pada tahun 2014 Prof. Dr.Suratno, M.Si,  kembali melakukan penelitian bidang kajian Biologi “Perbaikan Kualitas Serat Sutera Bombyx Mori L. Melalui Peningkatan Asam Amino Dengan Gugus Sulfur Pada Budidaya Dan Fortifikasi Daun Tanaman Murbei.” Kemudian pada tahun ini (2015) Prof. Dr.Suratno, M.Si, kembali melakukan penelitian dengan judul “Pengembangan Model Pembelajaran Math-Science Berbasis Performance Assessment Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Di Lingkungan Perkebunan Kopi Sidomulyo Garahan Kidul Jember.

Salain aktif sebagai peneliti dan dosen di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan beliau juga katif dalam bidang pengabdian kepada masyarakat. Prof. Dr.Suratno, M.Si, juga aktif dalam publikasi artikel dan jurnal ilmiah. Beliau juga aktif menjadi pemateri dalam seminar-seminar baik ditingkat regional maupun nasional.

1 Comment

  • Isla
    Reply

    I love it when people come together and share views, great blog, keep it up.

Leave us a Comment