Universitas Jember Gelar Kejuaraan Nasional Tenis UNEJ Cup V

UNEJCup-3

Jember, 5 Mei 2019

Universitas Jember bekerjasama dengan Pengurus Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PELTI) Kabupaten Jember menggelar Kejuaraan Nasional Tenis UNEJ Cup V 2019 (1-5/5). Kejurnas yang rutin diadakan tiap tahun ini melombakan dua Kategori Umur, yunior dan senior. Terdapat 247 peserta putra putri untuk kategori yunior, serta 85 peserta putra putri di kategori senior. Untuk kategori yunior melombakan empat Kategori Umur (KU) yakni KU 10 tahun, 12 tahun, KU 14 tahun dan KU 16 tahun untuk kategori tunggal dan ganda. Sementara untuk kategori senior juga melombaka kategori tunggal dan ganda.

Banyaknya peserta disyukuri oleh Ketua Panitia Kejurnas Tenis UNEJ Cup V 2019, Prof. Sutriono. Menurutnya tingginya animo peserta membuktikan kualitas UNEJ Cup dari tahun ke tahun diakui oleh para petenis di Indonesia, khususnya sebagai kawan candradimuka penempaan petenis muda. “Peserta Kejurnas UNEJ Cup tahun ini meningkat secara kuantitas dan kualitas, bahkan dijadikan sebagai ajang pemanasan menjelang PON 2020 nanti,” tutur Prof. Sutriono, Ketua PELTI Jember yang juga sekaligus guru besar Sosial Ekonomi Pertanian di Fakultas Pertanian Universitas Jember ini.

Keberhasilan Universitas Jember menggelar ajang kejurnas UNEJ Cup secara rutin membuat PELTI Jatim mendorong agar grade UNEJ Cup ditingkatkan ke grade J1. “Kami menargetkan di ajang kejurnas UNEJ Cup tahun depan sudah ada di gradeJ1, hal ini berdasarkan kualitas dan kuantitas peserta, serta rangking para peserta yang ikut ambil bagian. Jika hal ini terwujud, maka secara tidak langsung juga turut mengangkat nama Jember mengingat UNEJ Cup sudah menjadi bagian dari turnamen tenis yang sudah diakui dan menjadi agenda PELTI,” imbuh Prof. Sutriono.

            Kejurnas UNEJ Cup V 2019 dibuka secara resmi oleh Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember di lapangan tenis Kampus Tegalboto (1/5). Dalam sambutan pembukaannya, Moh. Hasan menyampaikan komitmen Universitas Jember untuk turut aktif memberikan kontribusi bagi pengembangan olah raga khususnya tenis. “Kami bertekad menyiapkan UNEJ Cup ke enam tahun depan lebih baik lagi, pasalnya sudah ada pada level J1.  Saya membayangkan akan lebih banyak lagi peserta yang ambil bagian, sehingga Kampus Tegalboto dan Jember bakal dikenal sebagai salah satu lokasi pembinaan olah raga tenis,” kata Moh. Hasan. Turut hadir pula Ketua PELTI Jatim, Husein Latif, Ketua BAPOMI Jatim, Syamsul Hadi dan Dandim 0824 Jember, Letkol (Inf) Arif Munawar.

Dalam kesempatan ini tuan rumah PELTI Jember yang menurunkan 28 petenis dengan prestasi empat medali emas, lima perak dan empat perunggu.  Empat medali emas persembahan dari Sultan Kahfi Delon di tunggal putra KU 14, medali emas berikutnya kembali dipersembahkan Sultan Kahfi Delon di kategori ganda yang berpasangan dengan Widarta asal Bali. Sedangkan dua medali emas lainnya persembahan dari ganda putri KU 12 melalui pasangan  abadi sesama pemain Jember Fira/Indri, satu lagi persembahan medali emas melalui pasangan gado gado KU 14 Putri  Dea Bela / Colisa Siti asal Kudus.

Lima medali perak disumbangkan dari tunggal putri senior Fauziah Azzahrah, tunggal putri KU 16 atas nama Rifdah  Hanifah. Tiga medali perak lainnya persembahan  pasangan ganda KU 16 putri Rifdah Hanifah / Chofifah Indah P, serta ganda putri KU 14 Monica/Isyad asal Bali, serta ganda putri KU 12 Khalisa/Lailatul. (Is)