Universitas Jember Gelar Bursa Kerja

Jember, 26 Maret 2014

Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan (LP3) Universitas Jember kembali menggelar kegiatan bursa kerja. Kegiatan yang merupakan agenda tahunan ini diselenggarakan dalam rangka menjembatani lulusan Kampus Tegalboto dengan dunia kerja. Acara bursa kerja ini digelar sejak hari selasa hingga Rabu (26/3) di Gedung Soetardjo Universitas Jember.

Ketua LP3 Universitas Jember Prof. Dr. Tejasari, MSc. mengatakan kegiatan bursa kerja tersebut merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun usai kegiatan wisuda. Pada bursa kerja kali ini diikuti oleh 25 perusahaan yang bergerak di berbagai sektor.

“Kami juga akan melakukan pendataan terhadap alumni Unej yang sudah bekerja di beberapa perusahaan, baik di dalam kota maupun luar kota, sehingga dapat diketahui lulusan Unej sudah bekerja di mana saja,” tuturnya.

Pembantu Rektor III Unej Prof. Dr. H.M Saleh, MSc mengatakan kegiatan bursa kerja tersebut dapat memberikan informasi kepada lulusan Unej yang sudah diwisuda beberapa pekan lalu, sehingga bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Jember.

“Kami berharap ada sinergi antara Unej dengan sejumlah “stakeholder”, sehingga mahasiswa Unej yang memiliki keahlian dan prestasi dapat bekerja di sejumlah perusahaan, sebelum mereka lulus,” tuturnya. Menurut Prof. Saleh, perguruan tinggi negeri tidak hanya ditugasi untuk memberikan bekal ilmu pengetahuan kepada mahasiswa, namun juga dituntut memperpendak masa tunggu lulusan yang akan mencari kerja.

“Masa tunggu lulusan D-3 untuk mendapatkan pekerjaan biasanya sekitar 2-3 bulan dan lebih cepat dibandingkan lulusan S-1 dengan masa tunggu 3-4 bulan, karena lulusan D-3 memiliki keahlian di bidangnya,” katanya.

Prof. Saleh berharap bursa kerja tersebut bisa mendorong lulusan Unej untuk membuka peluang kerja sendiri atau menciptakan lapangan kerja, bukan mencari kerja, karena pihaknya sudah melakukan pelatihan kewirausahawan terhadap 600 mahasiswa Unej yang diharapkan menjadi pengusaha muda.

Pantauan di lapangan, bursa kerja tersebut diserbu para pencari kerja dan dalam jangka waktu dua jam sejak dibuka tercatat jumlah pengunjung bursa kerja sudah mencapai 500 orang. Beberapa perusahaan yang berpartisipasi dalam bursa kerja Unej antara lain Bank Danamon, Bank Mandiri, BPTN Syariah, PT Indobat Industri Permai, PT Nestle Indonesia, Alfamart, PT Garuda Food, PT Mayora, dan PT BISI. (Mj)

Leave us a Comment