Universitas Jember Dirikan C-RiSSH

Jember, 9 November 2016

Setelah sukses dengan Center for Development of Advance Science and Technology atau C-DAST, kini Universitas Jember mendirikan Center for Research in Social Sciences and Humanities, yang disingkat C-RiSSH. Kemunculan C-RiSSH di publik ditandai dengan kegiatan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara C-RiSSH yang diwakili oleh Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember dengan Prof. Jun Honna,  Director of International Relations and Area Studies, Ritsumeikan University, Kyoto, Jepang, di aula lantai III gedung rektorat dr. R. Achmad (9/11). Prof. Jun Honna juga sekaligus memberikan kuliah umum berjudul “Reinventing a New Indonesia-Japan Relationship in The Age of Globalism”.

  Dalam sambutan peluncuran C-RiSSH, Rektor Universitas Jember menjelaskan bahwa keberadaan C-RiSSH akan menjadi payung bagi para peneliti kampus Tegalboto yang berkecimpung di bidang ilmu sosial dan humaniora. Nantinya diharapkan C-RiSSH dapat menghasilkan karya-karya penelitian yang mampu memberikan kontribusi bagi permasalahan yang ada di masyarakat. Oleh karena itu, Rektor mengapresiasi usaha C-RiSSH menggandeng Ritsumeikan University sebagai upaya melebarkan sayap. “Penandatanganan MoA hari ini menjadi pintu gerbang bagi kolaborasi yang lebih luas antara Universitas Jember dengan Ritsumeikan University, tidak hanya di bidang kajian Hubungan Internasional saja, tapi semoga menjadi virus positif yang menyebar ke bidang kajian yang lain, khususnya di ranah Ilmu Sosial dan Humaniora,” kata Moh. Hasan.

Sementara itu, Himawan Bayu Patriadi, salah satu pegiat C-RiSSH menjelaskan, walaupun baru diluncurkan hari ini, namun para peneliti di C-RiSSH telah aktif melaksanakan penelitian. Salah satu penelitian yang sedang berjalan adalah riset bersama dengan para peneliti di University of Tampere, Finlandia. Penelitian ini mengambil tema mengenai perbandingan modal sosial (social trust) antara Eropa dan Asia. Peneliti C-RiSSH juga tengah menyiapkan buku mengenai kajian hubungan internasional dari perspektif Indonesia, dan buku mengenai ASEAN. “Untuk kerjasama dengan Ritsumeikan University, kami menyiapkan kerjasama riset, publikasi internasional dan pertukaran dosen dan mahasiswa,” kata dosen yang akrab dipanggil Bayu ini.

Di lain sisi, Prof. Jun Honna, mengharapkan agar jalinan kerjasama antara Universitas Jember yang diwakili oleh C-RiSSH dengan Ritsumeikan University yang diwakili oleh International Relations and Area Studies menjadi awal yang baik, tidak hanya bagi kedua belah pihak tetapi juga bagi kedua negara. Pasalnya Indonesia menjadi salah satu pemain penting di ASEAN bahkan Asia. Untuk diketahui, Universitas Jember sendiri telah menyiapkan infrastuktur bagi C-RiSSH berupa gedung delapan lantai yang kini masih dalam taraf pengerjaan. “Jika gedung di sebelah utara gedung rektorat diperuntukkan bagi C-DAST, maka gedung di sebelah selatan nantinya akan ditempati C-RiSSH,” ujar Moh. Hasan. (iim)

Leave us a Comment