Universitas Jember dan PTS Se-Besuki Raya Akan Gelar Seleksi Mahasiswa Baru Bersama

Jember, 17 Februari 2016

            Universitas Jember bersama perguruan tinggi swasta di daerah Besuki Raya yang meliputi Probolinggo, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso sepakat untuk kembali menggelar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR) sebagai jalur penerimaan mahasiswa baru tahun 2016. “Untuk Universitas Jember, seleksi bersama PTS di Besuki Raya ini merupakan jalur ujian mandiri, selain penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN dan SBMPTN,” jelas Zulfikar, Pembantu Rektor I Universitas Jember di sela-sela melaporkan hasil pertemuan bersama PTS se-Besuki Raya kepada rektor (17/2).

            Menurut Zulfikar, keputusan untuk kembali menggelar SBMPTBR ini adalah hasil pertemuan antara Universitas Jember bersama PTS di Besuki Raya yang diadakan di kampus Universitas Abdurachman Saleh Situbondo hari Selasa (16/2). “Dari hasil evaluasi, banyak PTS di Besuki Raya yang merasakan keuntungan dengan adanya model penerimaan bersama mahasiswa baru seperti ini. Pelaksanaan SBMPTBR tahun lalu, mendapatkan apresiasi oleh Kopertis wilayah VII, bahkan rencananya bakal menjadi model penerimaan bersama PTS di Jawa Timur,” imbuh Pembantu Rektor I Universitas Jember. Untuk diketahui SBMPTBR adalah model seleksi bersama mahasiswa baru, dimana seorang siswa dapat memilih mendaftar di Universitas Jember dan PTS yang ada di Besuki Raya.

            Dampak positif pelaksanaan SBMPTBR disampaikan oleh perwakilan Universitas Islam Jember, Khotib. “Dari sisi promosi kami terbantu, karena pendaftaran secara online dan ujian bisa dilakukan di semua PTS se-Besuki Raya yang bergabung dalam SBMPTBR. Sehingga calon mahasiswa dari luar Jember tidak perlu harus datang langsung ke kampus UIJ. Kami setuju jika tahun 2016 SBMPTBR digelar lagi,” ujarnya. Dari data SBMPTBR 2015 lalu, dari total 2698 pendaftar, terdapat 400 pendaftar memilih UIJ.

            Dalam pertemuan di Universitas Abdurachman Saleh yang diikuti oleh 30 perguruan tinggi se-Besuki Raya, disepakati juga bahwa dalam SBMPTBR 2016 akan membuka pendaftaran untuk jenjang sarjana (S 1) dan diploma. Hal ini untuk mengakomodasi akademi dan sekolah tinggi kesehatan di Besuki Raya yang umumnya membuka program diploma. “Jumlah perguruan tinggi yang akan bergabung dalam SBMPTBR 2016 bakal bertambah dari yang semula 16 perguruan tinggi, namun kami masih menunggu kepastian lebih lanjut,” kata Zulfikar.

            Untuk mempersiapkan pelaksanaan SBMPTBR 2016, beberapa langkah perbaikan telah disiapkan. Pertama pembentukan help desk SBMPTBR di tiap-tiap perguruan tinggi yang terlibat. Kedua, Universitas Jember akan memberikan pelatihan bagi personil yang akan bertanggungjawab menangani pendaftaran online di tiap PTS. “Kita juga akan meningkatkan sosialisasi dan promosi SBMPTBR, karena masih ada siswa dan orang tua yang belum faham akan penerimaan mahasiswa melalui SBMPTBR,” pungkas Pembantu Rektor I. (iim).

Leave us a Comment