Universitas Jember Dan Flensburg University of Applied Sciences, Jerman Perkuat Kerjasama

Flensburg-1_UNEJ-768×512

Jember, 16 Juli 2018

Tiga dosen Flensburg University of Applied Sciences, Jerman, Dr. Heike Bille, Prof. Dr. Antje Labes, dan Dipl. Ing. Leif Tretbar, mengunjungi Kampus Tegalboto dari 2 Juli hingga 23 Juli 2018. Selama kurang lebih setengah bulan di Jember, ketiganya berbagi ilmu dengan para koleganya di Universitas Jember, sekaligus memperkuat kerjasama diantara dua institusi perguruan tinggi. Selain mempererat kerjasama yang sudah ada, ketiganya juga mengadakan diskusi di Fakultas Farmasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), FMIPA, Fakultas Teknik, dan FKIP. Sebelumnya, ketiganya telah diterima oleh Rektor dan Wakil Rektor I Universitas Jember pada 3 Juli 2018 lalu.

Dalam pertemuan dengan sivitas akademika FKM (13/7), Prof. Dr. Antje Labes menawarkan kesempatan bagi para dosen dan mahasiswa FKM untuk melanjutkan studi, dan kerjasama penelitian dengan Flensburg University, khususnya di bidang kesehatan termasuk bidang kesehatan masyarakat. “Saat ini kami tengah mengerjakan Dementia and Innovative Technologies in Nursing Home Project atau yang disingkat Demantec Project. Proyek ini meneliti penyakit dimensia, yakni penyakit gangguan berpikir dan ingatan karena kelainan otak. Jika memang ada dosen dan mahasiswa di FKM yang tertarik, tentu saja dapat bergabung,” jelas Prof. Antje Labes.

Diskusi dilanjutkan dengan penjelasan mengenai serba serbi Flensburg University, yang disampaikan oleh Dr. Heike Bille. Pakar bioteknologi ini  menjelaskan berbagai pusat penelitian yang ada sekaligus kesempatan memperoleh beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Jerman. “Perguruan tinggi kami berfokus pada pengembangan, penelitian dan aplikasi bidang Sciences, Technology, Enggineering and Mathematics atau STEM. Untuk pengembangan STEM kami mendirikan pusat penelitian maritim, pusat pengembangan energi terbaharukan dan pusat penelitian lainnya. Kami juga memiliki institut manajemen perlindungan kesehatan, serta institut yang meneliti potensi listrik tenaga angin,” katanya.

Presentasi dari tim Flensburg University mendapatkan sambutan yang hangat dari dosen dan mahasiswa FKM, seperti yang disampaikan oleh Irma Prasetyowati, Dekan FKM yang tertarik dengan kajian mengenai layanan e-Health yang dikembangkan oleh Flensburg University. “Kami sudah sepakat untuk mengirimkan dosen untuk melakukan penelitian di Jerman, saat ini kami tengah menyiapkan kira-kira program apa yang ada di Flensburg University yang bisa kita kolaborasikan di FKM Universitas Jember,” kata Dekan FKM. Sementara itu koleganya, Kurnia Ardiansyah tertarik untuk melakukan penelitian mengenai keberadaan obat tradisional di Indonesia.

Sebelumnya, dalam pertemuan antara tim Flensburg University dengan jajaran pimpinan Universitas Jember, Rektor Universitas Jember menyambut gembira jalinan kerjasama antara Kampus Tegalboto dengan Flensburg University, pasalnya Universitas Jember juga tengah mengembangkan STEM. “Kita memiliki beberapa program studi baru seperti Teknik Kimia, Bioteknologi dan lainya yang bisa bekerjasama dengan Flensburg University. Termasuk dalam upaya meningkatkan pengembangan kapasitas dosen serta memperluas jaringan,” tutur Moh. Hasan. (iim/del)