Universitas Jember dan BPKP, Tingkatkan SDM Pengelola Keuangan Pemerintah Daerah Melalui Beasiswa STAR

WisudaMaret_UNEJ-630x330px

 

Jember, 11 Maret 2017

Universitas Jember bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Republik Indonesia, bekerjasama meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) pegawai pemerintah pengelola keuangan pemerintah daerah. Kerjasama yang diwujudkan  dalam bentuk pemberian beasiswa State Accountability Revitalization (STAR) ini telah membuahkan hasil, dengan diwisudanya sembilan penerima beasiswa STAR BPKP tahap pertama. Mereka turut diwisuda sebagai lulusan Magister Manajemen oleh Rektor Universitas Jember dalam upacara wisuda periode IV tahun akademik 2016/2017 di Gedung Soetardjo (11/3).

Menurut Zulfikar, Wakil Rektor I Universitas Jember, dalam kerjasama yang dimulai resmi sejak 1 April 2015 lalu ini, Universitas Jember menjadi lokasi kuliah, sementara beasiswa berasal dari BPKP RI. “Kami berharap para alumnus beasiswa STAR BPKP yang baru saja diwisuda mampu mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di Kampus Tegalboto untuk meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah,” jelas Zulfikar yang ditemui seusai upacara wisuda tengah didampingi oleh Muhammad Miqdad, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Sementara itu Muhammad Miqdad menambahkan, para penerima beasiswa STAR BPKP tahap pertama berasal dari Pemkab Situbondo sebanyak lima orang, Pemkab Bondowoso sejumlah tiga orang, dan satu peserta adalah utusan dari Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan. “Selama kuliah di Program Studi Magister Manajemen, mereka mendapatkan mata kuliah seperti akuntansi sektor publik, keuangan  negara dan daerah, manajemen proyek sektor publik, audit sektor publik, dan mata kuliah lain yang dimaksudkan agar mereka mampu menjadi agen perubahan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik,” imbuhnya.

Tommy Rudyanto, salah seorang wisudawan penerima beasiswa mengungkapkan rasa syukurnya dapat menyelesaikan kuliah di Kampus Tegalboto. “Selama kuliah kami mendapatkan bekal berharga berupa mata kuliah manajemen dan akuntansi yang ditujukan untuk pengelolaan manajemen keuangan daerah yang lebih baik. Termasuk dituntut memberikan kontribusi kepada instansi pengirim melalui penelitian dan tesis,” ujar Tommy yang juga staf di Dinas Perikanan dan Kelautan Situbondo. Dari data yang ada, untuk beasiswa STAR BPKP tahap I, terdapat 20 pelamar dan yang lolos seleksi 9 orang. Sementara untuk tahap II, dari 30 pelamar, hanya meloloskan 13 peserta. Rencananya beasiswa STAR BPKP di tahun 2019 akan dibuka untuk jenjang S 1 dan S 2.

Menariknya lagi, dari 800 wisudawan terdapat 276 wisudawan yang merupakan penerima beasiswa, termasuk sembilan penerima beasiswa STAR BPKP. Mereka terdiri dari 136 penerima beasiswa Bidikmisi, 6 orang penerima beasiswa Banyuwangi Cerdas, 3 orang penerima beasiswa Bank Indonesia, 4 orang penerima beasiswa BNI, dan 118 penerima beasiswa berbagai sumber yang berasal dari pemerintah dan swasta. “Dari data yang ada, semua wisudawan penerima beasiswa tadi berhasil lulus dengan IPK rata-rata di atas 3.  Oleh karena itu saya berharap kepada para wisudawan, khususnya penerima beasiswa, dapat memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa, dengan bekal ilmu dan kemampuan yang sudah diperoleh dari kampus Tegalboto,” pesan Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember dalam sambutannya.

Dalam upacara wisuda periode IV tahun akademik 2016/2017, Rektor Universitas Jember memberikan penghargaan kepada para perwakilan wisudawan yang lulus dengan pujian. Diantaranya untuk Nur Fitri Amalia, S.Pd, yang merupakan lulusan dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP, dengan raihan IPK 3,91. Nur Fitri Amalia adalah juga penerima Beasiswa Bidikmisi. Sementara untuk kategori strata dua (S 2), ada tiga lulusan Program Studi Magister manajemen yang meraih IPK 4,00 alias sempurna. Mereka adalah Astri Kurniawati, SE., MM., RR. Lidia Imaniar, S.Ked., MM, dan Raditya Bagus Evanda, S.Ked. MM. Sementara untuk kategori Diploma, Zahra Hanif Sholiha, A.Md dari Program Diploma Teknik Mesin menjadi yang terbaik dengan IPK 3,73. Untuk wisuda kali ini, tercatat ada 41 wisudawan Universitas Jember yang lulus dengan pujian.

Selain mengikuti upacara wisuda, para laumnus kampus Tegalboto ini juga mendapatkan suntikan motivasi dari Zaid Mahdani, pemilik sekaligus presiden direktur PT. Kurnia Land, Jakarta yang merupakan alumnus Administrasi Niaga, FISIP Universitas Jember.    Berikut data lulusan Universitas Jember dalam wisuda periode III tahun akademik 2016/2017.

No Fakultas S 3 S 2 S 1 S 0 Jumlah
1. Hukum 3 40 43
2. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 3 4 57 10 74
3. Pertanian 58 58
4. Ekonomi dan Bisnis 17 65 7 89
5. Keguruan dan Ilmu Pendidikan 5 124 129
6. Ilmu Budaya 55 55
7. Teknologi Pertanian 1 44 45
8. Kedokteran Gigi 23 23
9. Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam 4 89 93
10. Kedokteran 56 56
11. Kesehatan Masyarakat 28 28
12. Teknik 42 11 53
13. Farmasi 23 23
14. Ilmu Keperawatan 19 19
15. Sistem Informasi 12 12
J u m l a h 3 34 735 28 800

(iim)

Leave us a Comment