Universitas Jember Capai Usia 54 Tahun, Berkarya dan Berprestasi

UpacaraDies-_UNEJ_1-768×512

Jember, 12 November 2018

Universitas Jember memperingati hari ulang tahunnya yang ke 54. Dies Natalis yang jatuh setiap tanggal 10 November ini diperingati dengan upacara bendera di lapangan upacara Kampus Tegalboto (10/11). Dalam pidato sambutannya, Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember, mengajak segenap sivitas akademika Universitas Jember untuk kembali mengenang, dan terus meneladani jasa-jasa para founding fathers Kampus Tegalboto. “Keberadaan Universitas Jember yang dibangun dengan semangat kerelaan berbagi, dan semangat bergotong royong hingga mampu berkembang pesat hingga hari ini, patut kita lestarikan. Semangat tersebut lantas diwujudkan dalam sesanti Karya Rinaras Ambuka Budi, Gapura Mangesti Aruming Bawana,” ujar Moh. Hasan.

Rektor lantas menjelaskan makna filosofi dibalik sesanti tersebut. “Karya Rinaras Ambuka Budi berarti tekad Universitas Jember untuk menata diri selalu bekerja selaras, serasi serasi dan seimbang yang dilandasi iman dan taqwa untuk menerima dan mengembangkan iptek. Oleh karena itu tidak heran jika hingga hari ini kita bisa melihat sudah banyak inovasi yang dilahirkan dari Kampus Tegalboto. Sementara Gapura Mangesti Aruming Bawanamerupakan sasaran kinerja Universitas Jember untuk menghasilkan sarjana yang sujana sebagai manusia seutuhnya yang pengabdiannya selalu membawa keharuman bangsa dan negara, kemakmuran, kesejahteraan, dan perdamaian umat manusia. Semoga makin bertambahnya usia Universitas Jember maka makin banyak manfaatnya bagi nusa dan bangsa,” imbuh Moh. Hasan.

Dalam upacara kali ini, Rektor Universitas Jember memberikan penghargaan kepada dosen dan tenaga kependidikan berprestasi yang meliputi tenaga fungsional dan tenaga administrasi, serta fakultas yang menjadi pemenang lomba Green Campus 2018 dalam rangka Dies Natalis ke 54 Universitas Jember. Terpilih sebagai dosen berprestasi bidang Sains dan Teknologi adalah Erlia Narulita, PhD dari FKIP. Sementara dosen berprestasi untuk bidang Sosial Humaniora diraih oleh Dr. M. Dimyati dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Terpilih sebagai fakultas dengan predikat paling hijau adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). “Selamat juga kepada Prof. Achmad Subagio yang terpilih sebagai dosen dengan predikat Academic Leader untuk bidang pertanian di Indonesia,” kata Moh. Hasan.

Upacara Dies Natalis Wisuda ke 54 Universitas Jember makin berwarna dengan kehadiran perwakilan mahasiswa asal San Carlos University dari Filipina yang tengah mengikuti program Cultural Immersion yang diselenggarakan oleh International Office. Selepas mengikuti upacara, para peserta lantas melihat pameran produk, teknologi, dan inovasi Universitas Jember. Untuk diketahui, tema Dies Natalis ke 54 Universitas Jember adalah, Berkarya dan Berprestasi ! (iim)