Universitas Jember Buka Program Studi Magister Baru

Jember, 12 Mei 2016

Universitas Jember tahun akademik 2016/2017 kembali membuka program studi baru, yaitu Teknik Mesin untuk jenjang pendidikan Magister (S2). Dibukanya program magister Teknik Mesin ini dilatar belakangi oleh tuntutan pekerjaan di bidang engineering yang semakin ketat dan tinggi, khususnya di bidang akademik. Kepastian pembukaan Program Studi Magister Teknik Mesin ini disampaikan oleh Pembantu Rektor I, Drs. Zulfikar, PhD (12/5).

Menurut Pembantu Rektor I, nantinya lulusan Magister Teknik Mesin Universitas Jember diharapkan akan memiliki keahlian di bidang teknik mesin, khususnya yang terkait dengan bioteknologi di bidang pertanian dan kesehatan. “Banyak mesin yang harus disiapkan untuk peralatan di bidang bioteknologi, pertanian dan kesehatan. Oleh karenanya, program studi Teknik Mesin Universitas Jember yang nantinya akan berperan disana.” tutur Zulfikar.

Zulfikar lantas melanjutkan, pendirian Program Studi Teknik Mesin di Kampus Tegalboto juga tidak luput dari kondisi daerah Jember dan sekitarnya yang memiliki basis di bidang pertanian dan perkebunan. Oleh karena itu, sumbangsih pemikiran dan penelitian mahasiswa Program Magister Teknik Mesin berupa produk nyata diharapkan dapat menjadi kontribusi Universitas Jember bagi masyarakat sekitar selain tentunya untuk pengembangan keilmuan. “Semuanya kita dorong untuk menghasilkan produk yang berkualitas, termasuk program studi baru ini. Apalagi bidang engineering ini sangat dekat sekali dengan masyarakat. Misalnya saja masyarakat Jember banyak yang berkecimpung di bidang pertanian dan perkebunan yang juga memerlukan mesin dalam prosesnya,” paparnya lagi.

Zulfikar juga menambahkan, bahwa persiapan yang dilakukan untuk pembukaan Program Studi Magister Teknik Mesin ini sudah dilakukan sejak tahun 2012. “Kami sudah melakukan persiapan untuk sarana dan prasarana sejak tahun 2012. Dan setiap tahunnya kami juga mengalokasikan untuk prioritas-prioritas tertentu dalam melengkapi seluruh persiapan. Selain itu, dari persiapan sumberdaya manusianya sudah terpenuhi semua,” tambah pria kelahiran Jakarta tersebut.

Adapun teknis pendaftaran untuk Program Studi Magister Teknik Mesin bisa dilihat di laman Pascasarjana Universitas Jember. Universitas Jember juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang nanti memiliki prestasi dan karya yang reputable. (lida,moon)

1 Comment

  • Mahros Darsin
    Reply

    That’s awesome!
    Go on with your new challenging.
    GBU

Leave us a Comment