Universitas Jember Buka Layanan Informasi dan Konsultasi SBMPTN 2016

Jember, 4 Mei 2016

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 dibuka sejak 25 April lalu. Untuk memudahkan para calon pendaftar melaksanakan proses pendaftaran, Universitas Jember membuka layanan informasi dan konsultasi SBMPTN 2016. Hal ini disampaikan oleh Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember di sela-sela kesibukan kerja di ruang tugasnya, (4/05).

“Untuk memudahkan calon peserta SBMPTN kami bersama pihak akademik membuka layanan informasi dan konsultasi SBMPTN di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Jember sejak 25 April sampai dengan tanggal 20 Mei 2016 mendatang,” ujar Drs. Agung Purwanto, M.Si Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 merupakan seleksi yang dilakukan secara bersama oleh 78 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. Seleksi ini merupakan pola seleksi yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui ujian tertulis dan menggunakan komputer. Dalam jalur seleksi ini siswa SMA atau sederajat yang dapat mengikuti SBMPTN adalah lulusan tahun 2014, 2015 dan 2016.

“Mulai tahun ini Unej juga menyelenggakan dua model ujian yang pertama adalah Paper Based Testing atau PBT ini adalah ujian tertulis dan bisa untuk semua kelompok ujian soshum, saintek dan campuran yang kedua adalah Computer Based Testing atau CBT test menggunakan komputer hanya untuk kelompok ujian soshum dan saintek,” imbuhnya.

Agung berharap, bagi para calon mahasiswa yang berminat untuk ikut SBMPTN 2016 namun belum mendaftar untuk segera mendaftar. Karena menurutnya beberapa calon mahasiswa lebih memilih diakhir pendafataran

“Pendaftaran akan ditutup 20 Mei mendatang, pastinya setelah pengumuman SNMPTN pada 10 Mei mendatang pendaftaran akan semakin membludak dan troble server bisa saja terjadi segeralah mendaftar jangan ditunda-tunda,” imbuhnya lagi.

Agung mejelaskan, secara teknis SBMPTN tahun ini tidaklah jauh berbeda dengan proses tahun lalu.

“Bagi peserta yang belum memiliki PIN dan KAP bisa langsung mendaftar melalui laman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan menggunakan nama dan tanggal lahir untuk mendapatkan kode pembayaran, setelah itu kemudian membayar 200.000 rupiah melalui Bank BNI dan Mandiri” Jelas Agung.

Agung melanjutkan, setelah melakukan pembayaran peserta peserta harus menyiapkan pasfoto dalam bentuk softcopy dengan ukuran 4 X 6 cm dengan ukuran file maksimum 100 KB dengan format JPG atau PNG.

“Harus menggunakan foto resmi ya, jangan foto berpose seperti foto yang dipasang di sosial media, setalah proses pengisian data selesai akan ada menu pilihan ujian CBT atau PBT namun kuota untuk CBT sudah habis setelah itu tinggal cetak kartu” papar Agung.

Drs. Agung Purwanto, M.Si menjelaskan jika layanan informasi dan konsultasi mengenai SBMPTN 2016 juga bertujuan memberikan layanan konsultasi mengenai dunia perguruan tinggi terutama mengenai program studi yang ada. Pasalnya dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya masih ada calon peserta yang bingung dalam memilih program studi yang ada.

“Sebaiknya sebelum mendaftarkan diri para calon peserta membuka informasi dan tata cara pendaftaran SBMPTN, kuota, daya saing dan tingkat keketatan jurusan di laman http://www.sbmptn.ac.id agar tidak salah melangkah dan mencari tahu mengenai program studi yang diminati,” katanya.

Dari data tahun lalu, jumlah peserta yang ikut ujian tulis SBMPTN di Universitas Jember 10.950 peserta. Untuk diketahui, 40 % kursi mahasiswa baru seluruh PTN di Indonesia akan dipenuhi melalui jalur SBMPTN 2016, sedangkan 40% diperoleh dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang kini tinggal menunggu pengumuman hasil kelulusannya. Sementara 20%  sisanya diserahkan kepada tiap PTN melalui seleksi lokal atau seleksi mandiri. (Moon)

1 Comment

  • Ricky Andita
    Reply

    Layanan yang bagus.. .

Leave us a Comment