Universitas Jember Berikan Perhatian Khusus Kepada Calon Mahasiswa Baru Yang Hafal Al Qur’an

DarulHikmah

Jember, 28 April 2017

Universitas Jember memberikan perhatian khusus kepada calon mahasiswa baru yang memiliki kemampuan menghafal Al Qur’an. Informasi ini disampaikan oleh Rokhmad Hidayanto dari Bagian Humas dan Protokol Universitas Jember saat menerima kunjungan para siswa kelas XII Madrasah Aliyah Darul Hikmah, Pondok Modern Darul Hikmah, Tulungagung, di aula lantai 3 gedung rektorat (27/4). Menurutnya, perhatian ini didasari pemikiran bahwa untuk menghafal Al Qur’an diperlukan daya intelektualitas sehingga termasuk prestasi yang patut mendapat apresiasi.

Menurut Rokhmad Hidayanto, jika diantara siswa Madrasah Aliyah Darul Hikmah ada yang hafal Al Qur’an dan tertarik menuntut ilmu di kampus Tegalboto, maka silahkan mendaftarkan diri melalui jalur penerimaan mahasiswa baru yang saat ini masih dibuka, yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan ujian mandiri yang di Universitas Jember dinamakan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR). “Kami mohon pihak sekolah dan pondok untuk membuat surat keterangan yang menerangkan bahwa siswanya benar-benar hafal Al Qur’an sekian juz. Surat ini sebagai pendukung yang menyatakan siswanya berprestasi atau pengganti sertifikat,” jelas Rokhmad Hidayanto.

Rokhmad Hidayanto lantas melanjutkan, saat ini sudah banyak hafidz yang kuliah di kampus Tegalboto, prestasinya pun cukup membanggakan. “Bahkan salah satu hafidz yang kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi menjadi langganan juara di berbagai ajang ilmiah. Yang terakhir menjadi juara pertama dalam lomba karya tulis ilmiah di Universitas Andalas bulan Maret lalu,” jelas Rokhmad Hidayanto. Selain menuntut ilmu sesuai program studi yang dipilih, para hafidz juga mendapatkan pembinaan dari pihak Universitas Jember. Diantaranya dengan mendatangkan para penghafal Al Qur’an senior untuk memantapkan hafalan, serta menyelenggarakan kegiatan semaan Al Qur’an secara rutin di Masjid Al Hikmah.

Informasi mengenai kesempatan kuliah bagi penghafal Al Qur’an ini ternyata mendapatkan tanggapan positif dari para santri Darul Hikmah, seperti yang disampaikan oleh Muhammad Farabi. “Alhamdulillah saya sudah hafal lima juz dan berminat kuliah di Universitas Jember, cita-cita saya masuk ke Fakultas Kedokteran,” ungkap siswa jurusan IPA ini. Sementara itu, menurut Irkhamni Khoirul, pengasuh Pondok Modern Darul Hikmah, kedatangannya kali ini ke kampus Tegalboto dalam rangka memberikan wawasan dan informasi mengenai dunia pendidikan tinggi kepada siswa. “Selama ini kebanyakan siswa masih terpaku pada pilihan kuliah di perguruan tinggi tertentu saja,padahal kesempatan bagi santri untuk kuliah di PTN terbuka luas,” imbuh Irkhamni yang siang itu membawa 40 siswa dan guru.

Sebelumnya dalam beberapa kesempatan, Moch. Hasan, Rektor Universitas Jember telah menegaskan bahwa perhatian yang sama juga diberikan kepada calon mahasiswa yang memiliki prestasi dan kemampuan di bidang agamanya masing-masing, tidak hanya bagi penghafal Al Qur’an saja. (iim)