Universitas Jember Bangun Kerjasama Dengan Prefectural University Of Hirosima Japan

Jember, 8 September 2014

Langkah yang dilakukan Universitas Jember dalam mengembangkan kerjasama internasional semakin bergerak dinamis dan memperoleh hasil yang cukup signifikan. Hal ini ditandai dengan digelarnya kembali penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Prefectural University Of Hirosima Japan dan Universitas Jember.

Bertempat di ruang kerja Rektor Universitas Jember (05/9), MoU ditandatangani langsung oleh Drs. Moh. Hasan, M.Sc Ph.D Rektor Universitas Jember dengan Prof.Dr. Nakamura Ken-ichi President Of Prefectural University Of Hirosima Japan.

Dalam sambutannya Rektor Universitas Jember Drs. Moh. Hasan, M.Sc Ph.D menyampaikan, kerjasama dengan pihak luar negeri menjadi salah satu hal bagian penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian yang ada di tingkat universitas. Melalui kerjasama internasional dapat meningkatkan mobilisasi dosen dalam melakukan riset di luar negeri.

“Kerjasama luar negeri ini dapat meningkatkan peluang dalam melakukan pengembangan potensi akademik dari universitas Jember baik dari kalangan dosen maupun mahasiswa itu sendiri,” papar Rektor. Menurut Drs. Moh. Hasan, Msc, Ph.D kerjasama dengan Prefectural University Of Hirosima Japan kali ini merupakan sebuah momen yang jarang terjadi.

“Biasanya itu yang datang ke sini (Unej) untuk MoU itu hanya pihak pimpinan fakultas namun ini berbeda karena yang datang langsung pimpinan Univers lansung Prof. Dr. Nakamura Ken-ichi selaku President dari Prefectural University Of Hirosima Japan,” imbuhnya.

Rektor menjelaskan, dalam kerjasama ini melibatkan tiga fakultas, Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), Fakultas Pertanian dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). “Kerjasama ini lebih mengarah pada bidang life science dan sementara masih dengan tiga fakultas,” ungkap Hasan.

Hasan menjelaskan, implementasi dari kerjasama tersebut dapat meningkatkan pengembangan akademik dari para civitas akademika yang ada di Universitas Jember. Karena menurutnya nantinya akan ada pertukaran mahasiswa, joint research, pertukaran dosen maupun kegiatan akademik lainnya.

Sampai saat ini Universitas Jember sudah melakukan MoU dengan lebih dari 10 Negara dari empat benua dan masih didominasi oleh Negara dikawasan Asia terutama Asia tenggara. “Dengan Universitas Kassel Germany kami ada MoU, Amerika Tengah, Australia apalagi dengan Negara-negara ASEAN hamper semuanya kami ada MoU dengan beberapa Universitas terkemuka yang ada disana,” pungkas rektor.

Sehari sebelumnya Rektor Universitas Jember juga baru menandatangani MoU bersama dengan Prof. Wolfgang Nellen dari University Of Kassel Germany. Kerjasama tersebut merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang telah dilakukan oleh Jurusan Biology Fakultas MIPA sebelumnya. (Mj)

Leave us a Comment