Universitas Jember Akan Menggelar Seminar Pangan dan Lingkungan Tingkat Asia Eropa

Jember, 25 Agustus 2015

Fakultas Pertanian (FP) bekerjasama dengan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) akan menggelar seminar ketahanan pangan dan lingkungan tingkat Asia Eropa. Seminar yang bertajuk  “International Seminar on Food, Agriculture & Natural Resources (FANRes) pada tanggal 31 Juli dan 1 Agustus mendatang bertempat di kampus FTP dan FP.

Dr. Yuli Witono, S.TP., MP. Dekan FTP menjelaskan persoalan pangan adalah persoalan yang tidak bisa dilepaskan dari hidup manusia. “Mungkin orang akan mampu bertahan tanpa teknologi yang canggih namun saya berani jamin tidak akan ada orang yang mampu bertahan tanpa adanya ketersediaan pangan,” ujarnya disela-sela rapat persiapan acara seminar FANRes.

Menurut pria yang akrab disapa Yuli ini kegiatan tersebut akan diikuti oleh enam negara wilayah Asia dan Eropa. “Target kami adalah 250 peserta yang merupakan para peneliti persoalan bidang pangan, pertanian dan SDA dari negara Malaysia, Thailand, Korea, Jepang, Indonesia dan Jerman. Mereka semua akan mempresentasikan hasil penelitiannya terkait 3 aspek tersebut, saat ini sudah ada 191 peserta dan 35 dari luar negeri” ujarnya.

Yuli menambahkan, masalah pangan, pertanian dan SDA adalah tiga aspek yang saling berkaitan dalam mewujudkan ketahanan pangan. “Ketersediaan pangan itu kan tidak pernah terlepas dengan pertanian dan pengolahan lahan pertanian adalah persoalan pengelolaan SDA, jadi dalam hal mewuhjudkan katahanan pangan kita juga harus memikirkan persoalan SDA yang semakin lama akan semakin habis,” imbuh pria yang memiliki hobi bermusik ini

Sementara itu Dekan Fakultas Pertanian mebenarkan apa yang disampaikan oleh Dr. Yuli Witono, S.TP., MP. Menurutnya, Indonesia memeliki kekayaan SDA yang sangat luar biasa besar namun masih belum optimal dalam hal pengelolaan. “Masih banyak sekali yang belum kita manfaatkan yang merupakan dampak dari terbatasnya teknologi yang dimiliki bangsa ini maka dari itu kita gelar acara ini,’ ujar Dr. Ir. Jani Januar, M.T. Dekan Fakultas Pertanian.

Jani mengatakan, dalam acara ini nantinya akan dibahas mengenai persoalan pangan lingkungan mulai dari permasalahan dan pemecahannya. “SDA kita amat sangat berlimbah namun teknologi dalam mengolah masih terbatas berbeda dengan Jepang teknologinya begitu canggih namun SDAnya sangat terbatas maka dari itu penting kiranya untuk bersinergi dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan kedua negara bahkan dunia,” pungkasnya. (Mj)

Berikut jadwal kegitan lengkapnya Download/Unduh

Leave us a Comment