Unej Terjunkan 1177 Mahasiswa KKN Ke 114 Desa

Jember, 21 Januari 2014

Universitas Jember (Unej) kembali melepas sebanyak 1177 mahasiswa untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mereka di tempatkan di 114 desa dalam 25 kecamatan yang ada di daerah kabupaten Jember dan Situbondo. Upacara pelepasan para mahasiswa peserta KKN dilakukan langsung oleh Ketua Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM), Drs. Sujito, Ph.D. (21/1).

Dalam kesempatan ini ketua LPM  Drs. Sujito menyampaikan pesan kepada para mahasiswa untuk pandai-pandai dalam memilih program kegiatan. Diharapkan mahasiswa memilih program yang benar-benar membawa manfaat bagi masyarakat. Dengan pendekatan multi disiplin ilmu yang dimiliki mahasiswa agar mampu mengatasi problem nyata yang dihadapi masyarakat.

LPM Unej sebagai penyelenggara KKN memastikan dalam setiap kelompok mahasiswa terdapat mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari berbagai disiplin ilmu. Hal itu dilakukan karena berbagai permasalahan di masyarakat saat ini memiliki kompleksitas yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, permasalahan-permasalahan tersebut tidak dapat diselesaikan hanya dengan mengandalkan satu atau dua bidang ilmu saja. “Dengan pendekatan multidisiplin ini, kami berharap mahasiswa-mahasiswa mampu mengatasi problem nyata yang dihadapi masyarakat,” ujar Drs. Sujito.

Drs. Sujito, menambahkan sebelum diterjunkan, para mahasiswa ini telah diberi materi pembekalan agar dapat segera menyesuaikan diri dan mempelajari berbagai potensi dan sumberdaya pedesaan sehingga bisa dijadikan program kegiatan. Seluruh peserta KKN juga mendapatkan perlindungan asuransi kecelakaan selama 1 tahun seperti halnya KKN sebelumnya.

Drs. Sujito, berharap agar para mahasiswa mempunyai komitmen yang sama untuk menerapkan ilmu yang meraka dapat di bangku kuliah. Disamping  itu, saat ini Unej sedang giat-giatnya mengibarkan bendera Universitas Jember di masyarakat sehingga seluruh peserta KKN diharapkan mampu menjaga nama baik Universitas. (Mj,Is,Sr)

Leave us a Comment