Unej Cetak Mahasiswa Unggul Wirausaha

Jember, 6 Januari 2014

Kehadiran Menteri Koordinator Perekonomian (Menko Perekonomian) Hatta Rajasa ke kampus Universitas Jember (Unej) beberapa waktu lalu, rupanya membawa angin segar bagi para mahasiswa. Hatta yang hadir ditengah ratusan mahasiswa Unej dan PTS yang ada di Jember untuk memberikan kuliah umum di Universitas Jember (Unej) dengan tema “Mencetak Mahasiswa Wirausaha Menuju ASEAN Economic Community.”

Dalam pemaparannya Hatta menyampaikan, selaku Ketua Persiapan ASEAN Economic Community 2015 dia berkomitmen untuk meningkatkan jumlah wirausaha yang ada di Indonesia khususnya kalangan mahasiswa. Dia akan terus merangsang mahasiswa untuk berwirausaha melalui program pelatihan bahkan bantuan modal untuk dikembangkan oleh mahasiswa dalam bidang wirausaha.

Disisi lain kampus Unej jauh sebelumnya sudah melakukan hal tersebut. Sejak tahun 2009 Unej sudah gencar dalam merangsang mahasiswanya untuk mulai berwirausaha melalui program bantuan dana bergulir. Melalui kompetisi proposal rencana bisnis seluruh mahasiswa Unej saling bersaing untuk bisa mendapatkan dan memanfaatkan dana tersebut.

Prof. Dr. Ek. Moh. Saleh S.E., M.Sc Pembantu Rektor III yang membidangi kemahasiswaan menuturkan, jika suatu negara ingin maju setidaknya harus memiliki jumlah pengusaha sebesar 3 persen dari total jumlah penduduk. Namun kenyataannya sampai akhir tahun 2013 jumlah pengusaha yang ada di Indonesia belum mencapai angak 1 persen. “Suatu negara jika ingin maju harus memiliki stidaknya 3 persen pengusaha namun Indonesia saat ini masih dibawah 1 persen,” tutur Prof. Saleh.

Lebih jauh Prof. Saleh menambahkan, selama ini Unej terus menggalakkan program pembinaan kepada mahasiswa dalam berwirausaha. melalui program mahasiswa wirausaha yang dikompetisikan setiap tahun, mahasiswa mendapatkan pendampingan dan bantuan modal bergulir. Hal itu dilakukan dalam rangka untuk mencetak generasi unggulan dalam bidang kewirausahaan maupun dibidang akademik.

“Kitas semua harus mempersiapkan diri menuju ASEAN Economic Community, Karena mau tidak mau, suka tidak suka persaingan akan semakin ketat, sehingga kita harus siap dan mempersiapkan para mahasiswa untuk menciptakan lapangan kerja bukan sekedar menjadi pencari kerja,” pungkas Prof saleh. Dari program mahasiswa wirausaha yang sudah berjalan, Unej telah mampu melahirkan puluhan mahasiswa yang memiliki usaha diberbagai sektor sejak masih duduk di bangku kuliah. (Mj)

Leave us a Comment