UKM Robotika Sukses Gelar JLT IV

Jember, 04 November 2014

Gelaran Jember Line Tracer (JLT) IV yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknik Elektro dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Robotika Fakultas Teknik Universitas Jember semakin banyak diminati oleh peserta. Terbukti ada sebanyak 30 tim peserta yang turun di divisi Analog dan 50 tim peserta yang bertanding di divisi microcontroller. Kejuaraan JLT IV ini digelar hari Minggu lalu (2/11) di Gedung Soetardjo Universitas Jember.

JLT IV adalah lomba robot line follower yang cara kerjanya mengikuti jalur panduan garis. Garis pandu yang digunakan adalah garis hitam yang ditempatkan di permukaan putih. Prinsip kerja pendeteksian garis pandu dari robot tersebut adalah tiap-tiap warna permukaan memiliki kemampuan memantulkan cahaya yang berbeda-beda. Hal ini yang digunakan untuk mendeteksi garis pandu tersebut.

Menurut Ketua Panitia Kegiatan, Latif, tim peserta yang turun di divisi Analog berasal dari SMA – SMP sederajat se-Jawa dan Bali, sementara tim yang berasal dari perguruan tinggi bertarung di divisi microcontroller. “Bedanya, untuk divisi Analog para tim peserta tinggal merangkai komponen menjadi robot, sementara di divisi microcontroller selain merakit komponen juga mesti membuat pemrogramannya. Jalur yang harus dilalui oleh robot di microcontroller juga lebih sulit dan bervariasi,” ujar mahasiswa semester 5 ini.

Animo peserta yang begitu besar dalam JLT IV menandakan kegiatan robotika saat ini makin diminati oleh para pelajar dan mahasiswa. Jumlah peserta tahun ini meningkat dari tahun kemarin.

JLT IV sendiri dibuka resmi oleh Rektor, Drs. Moch. Hasan, MSc., PhD dan bertujuan meningkatkan kreativitas pelajar dan mahasiswa dalam bidang robotika, wahana aplikasi pengembangan elektronika di bidang kontrol dan mengenalkan Fakultas Teknik Universitas Jember, khususnya jurusan Teknik Elektro kepada masyarakat luas. (Mj)

Leave us a Comment