UKM Reyog Sardulo Anorogo, Walau Muda Tetap Juara

Jember, 1 Desember 2015

Setelah sebelumnya ditetapkan sebagai pelestari kesenian Reyog terbaik dalam ajang Festival Reyog Nasional (FRN) 2015, UKM Reyog Ponorogo Sardulo Anorogo Universitas Jember kembali meraih juara 2 dalam ajang Festival Reyog Ponorogo Jawa Timur. Istimewanya adalah dari sekian banyak yang tampil sebagai peserta UKM Reyog Ponorogo Sardulo Anorogo Universitas Jember menjadi satu-satunya peserta dari kalangan mahasiswa.

“Ini luar biasa karena peserta yang lain merupakan paguyuban seni Reyog Ponorogo yang kesehariannya bergelut dengan Reyog kalau dari Unej kan mahasiswa yang juga disibukkan dengan aktivitas kampus,” papar Drs. Agung Purwanto, M.Si. Dalam acara yang digelar pada 28 November lalu oleh Paguyuban Reog Ponorogo Indonesia (PRPI) Jatim ini tim dari Universitas Jember sebelumnya telah melakukan beragam persiapan yang panjang.

“Mulai dari latihan rutin, menambah gerak tarian yang baru yang dalam hal ini dibimbing langsung oleh bapak Zarkasi selaku pelatih sekaligus pembinanya,” lanjut Agung.

Agung berharap Unit Kesenian Reyog Sardulo Anorogo Universitas Jember ini tidak hanya bisa tampil dalam ajang regional maupun nasional tapi juga bisa dalam ajang Internasional.

“Ya harapan kami mereka tidak hanya jago kandang tapi juga bisa mengharumkan nama almamater pada khususnya dan juga nama Indonesia dimata dunia melalui kesenian Reyog Ponorogo,” pungkasnya.

Sementara itu Dhimas ketua UKM Kesenian Reyog Ponorogo Sardulo Anorogo Universitas Jember mengatakan, tim dari Universitas Jember mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari para dewan juri maupun pejabat daerah yang hadir.

“Kami semua kan mahasiswa yang masih muda-muda dan tidak banyak kaum muda yang peduli dalam hal pelestarian budaya daerah khususnya reyog maka dari itu kami mendapatkan apresiasi yang sangat baik,” paparnya.

Dirinya berharap pembinaan pembinaan dan pelatihan serta dukungan dari Universitas Jember terus diberikan agar UKM Reyog dan UKM lainnya bisa terus berprestasi.

“Ini adalah bukti bahwa kami UKM khususnya UKM Reyog patut untuk diperhatikan untuk mendapatkan dukungan yang lebih baik untuk prestasi yang lebih baik,” pungkas Dhimas. (Mun)

Leave us a Comment