UKM Kependudukan Universitas Jember Santuni Veteran

Jember, 17 November 2016

BaksosUKMPenduduk3

Miris dan memprihatinkan. Begitu kesan yang ditangkap para mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kependudukan Universitas Jember saat mengunjungi rumah Bedjo Sukiman (13/11). Kondisi veteran pejuang kemerdekaan yang tinggal dengan sang istri yang tengah sakit ini sungguh memprihatinkan. Di usia senjanya, pria kelahiran tahun 1923 yang tinggal di Jalan Sriwijaya III Blok. B.01/Kloncing Kelurahan Karangrejo ini harus hidup dari belas kasih para tetangganya.

“Awalnya kami mendapatkan informasi mengenai kondisi Pak Bedjo dari beberapa pihak, kemudian kami putuskan untuk menggalang dana untuk membantunya. Kebetulan moment-nya pas karena tanggal 10 November adalah Hari Pahlawan sekaligus Dies Natalis ke 52 Universitas Jember,” tutur M. Bagus Gunawan, Ketua UKM Kependudukan Universitas Jember memulai ceritanya saat ditemui di kampus FKIP (17/11). Dana yang terkumpul berasal dari para donatur di kampus Tegalboto, termasuk Rektor Universitas Jember.

Gunawan lantas melanjutkan ceritanya. “Kondisi rumah Pak Bedjo jauh dari kata layak, sudah bocor di sana sini. Beban Pak Bedjo bertambah berat karena harus masih merawat sang istri yang tengah sakit,” kata Gunawan. Masih menurut Gunawan, berdasarkan pengakuan Pak Bedjo, semasa mudanya Pak Bedjo adalah anggota TNI-AD dari sebuah kesatuan di Jember, berbagai penugasan pernah dirasakannya, termasuk  ditugaskan ke Kalimantan di tahun 1965 sampai 1967. “Sayangnya, beliau tidak mendapatkan pensiun, entah mengapa ? Karena kondisi usia yang sudah tua, ingatan beliau sudah banyak berkurang, sehingga susah mengorek informasi lebih dalam dari beliau. Termasuk ketika kami tanya terkait  berkas-berkas administrasi miliknya,” jelas mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Sekolah ini.

BaksosUKMPenduduk1

Kehidupan Pak Bedjo yang serba kekurangan ini menggerakkan niatan mahasiswa yang tergabung dalam UKM Kependudukan untuk terus membantunya. Salah satu langkah yang akan ditempuh adalah berkoordinasi dengan UKM yang bergerak di bidang kesehatan yang ada di Kampus Tegalboto. Hal ini disampaikan oleh Nurhudan, pembina UKM Kependudukan. “Kami berencana meminta bantuan kawan-kawan mahasiswa yang memiliki kompetensi di bidang kesehatan, misalnya mahasiswa Fakultas Kedokteran untuk memeriksa kondisi Pak Bedjo dan istrinya, juga mengusulkan ke Dinas Sosial Jember agar menampung Pak Bedjo dan istrinya di panti jompo, mengingat mereka tidak memiliki anak dan saudara,” kata staf di Program Studi Sistem Informasi ini.

Kegiatan memberikan santunan bagi veteran adalah salah satu kegiatan UKM Kependudukan Universitas Jember, yang bidang kajian dan garapannya terkait dengan masalah-masalah sosial di masyarakat, khususnya masalah kependudukan. Kegiatan lain yang sudah dilakukan antara lain sosialisasi pencegahan pernikahan dini ke siswa SMA sederajat, sosialisasi program generasi berencana yang dilakukan di Jember, Lumajang, dan Banyuwangi, dan kegiatan lainnya. (UKMKependudukan/Humas)

Leave us a Comment