Ujian SBMPTBR 2016 Gelombang I, Serentak Dilaksanakan Di Lima Kota

Jember, 15 Juli 2016.

Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR) gelombang I 2016, dilaksanakan serentak di lima kota (14/7), yakni Jember, Banyuwangi, Situbondo, Lumajang dan Probolinggo. Tercatat sebanyak 5628 peserta yang turut mengikuti ujian hari itu.  “Alhamdulillah, pelaksanaan ujian SBMPTBR 2016 gelombang I di lima lokasi berlangsung sukses dan lancar, ” ujar Agung Purwanto, Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember saat berada di Posko SBMPTBR 2016 yang mengambil lokasi di rumah dinas Rektor Universitas Jember.

Agung Purwanto menambahkan, jumlah peserta SBMPTBR gelombang I tahun ini naik dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Dirinya tidak menampik jika peningkatan jumlah peserta tersebut, disebabkan dibuknya pendaftaran untuk Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Kedokteran, selain dibukanya tiga program studi baru. “Tahun ini ada tiga program studi baru, yakni Teknologi Informasi, Ekonomi Islam, dan Pendidikan IPA,” katanya. Jumlah peserta sebanyak 5628 orang tadi, terdiri dari 3046 peserta kelompok ujian Sains dan Teknologi, serta 2582 peserta kelompok ujian Sosial Humaniora.

Seperti diketahui, SBMPTBR adalah penerimaan mahasiswa baru Universitas Jember dari jalur mandiri, khusus gelombang I untuk jenjang sarjana dan gelombang II untuk jenjang diploma. Dalam pelaksanaan SBMPTBR, Universitas Jember bekerjasama dengan perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada di area Besuki Raya, sehingga seorang peserta bisa memilih mendaftarkan diri di Universitas Jember dan 21 PTS yang tersebar mulai Probolinggo hingga Banyuwangi.

Dari data yang ada, 120 peserta mengikuti ujian di lokasi Universitas Abdulrachman Saleh Situbondo. Sebanyak 399 peserta mengikuti ujian di lokasi Universitas 17 Agustus Banyuwangi, dan 136 peserta ujian di lokasi Universitas Panca Marga Probolinggo. Untuk lokasi ujian di Universitas Lumajang, tercatat diikuti oleh 78 peserta. Sementara sebagian besar peserta mengikuti ujian di kampus Tegalboto Universitas Jember, yakni berjumlah 4895 peserta. “Jumlah peserta ujian SBMPTBR gelombang I di kampus Tegalboto terdiri dari 2632 peserta kelompok ujian Sains dan Teknologi, dan 2263 peserta kelompok ujian Sosial Humaniora,” tambah Agung Purwanto.

Fakultas Kedokteran ternyata menjadi program studi favorit bagi peserta kelompok ujian Sains dan Teknologi yang memilih Universitas Jember, Fakultas Kedokteran diminati oleh 608 pendaftar. Diikuti oleh Fakultas Farmasi dengan 286 pendaftar, dan Fakultas Kedokteran Gigi dengan 144 pendatar. Sementara di kelompok ujian Sosial Humaniora, program studi Manajemen di urutan pertama dengan 545 pendaftar, diikuti oleh Ilmu Hukum dan Akuntansi, masing-masing dengan 344 pendaftar dan 242 pendaftar.

Pengumuman hasil ujian SBMPTBR gelombang I direncanakan akan dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 19 Juli 2016 jam 10.00 WIB melalui website Universitas Jember. Sementara untuk pendaftaran SBMPTBR gelombang II untuk jenjang diploma akan dilaksanakan pada tanggal 19 sampai dengan 25 Juli 2016, sementara ujian akan digelar pada tanggal 28 Juli 2016. (iim)

Leave us a Comment