UJAR Bangun Pendidikan Masyarakat Yang Berkualitas

Jember, 13 Januari 2014

Pendidikan merupakan salah satu basis penting yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur kemajuan bangsa. Untuk mencapai pendidikan yang baik secara merata, kiranya diperlukan peran serta dari banyak pihak yang berkontribusi mengentaskan masalah pendidikan. Sebagai lembaga pendidikan tinggi Universitas Jember juga turut berperan aktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat.

Melalui program Unej Mengajar (Ujar) yang sudah diresmikan sejak November 2012 lalu, Ujar merupakan komunitas mahasiswa dari berbagai fakultas, jurusan, atau program studi yang ada di Universitas Jember. Tujuannya adalah untuk membangun gerakan dalam meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat khususnya di  wilayah Jember.

“Komunitas Ujar ini kami dirikan sebagai bentuk keprihatinan terhadap tingginya angka buta huruf di Jember. Melalui komunitas ini kami semua bertekad membantu pendidikan di Jember semampu kami,” jelas M. Abdul selaku Direktur Ujar.

Gerakan Unej Mengajar mendapatkan dukungan penuh dari pihak Universitas Jember. Bentuk dukungan diwujudkan dengan pengerahan tenaga dosen sebagai tenaga rekrutmen dan pengajar dalam pelatihan bagi relawan Unej Mengajar. Sebelum diterjunkan ke wilayah pedesaan yang menjadi sasaran program para relawan mendapat pelatihan mengenai pembangunan karakter dan teknik mengajar yang mengasyikkan.. Desa tersebut diantaranya, Desa Darsono Arjasa, Sidomukti Mayang, Wonojati Jenggawah, ledok ombo Sumber Jambe dan beberapa desa lainnya.

Tidak hanya pemberrantasan buta huruf saja, mereka juga melakukan kegiatan seperti halnya penyuluhan kesehatan. Selain hal itu mereka juga senantiasa mengajarkan anak-anak murid sekolah binaan peduli pada lingkungan. Anak-anak diajak untuk melakukan penanaman pohon di area sekolah dan area sekitarnya yang kondisinya berada diatas gunung dengan kontur tanah yang rawan longsor. Dengan demikian siswa dapat belajar melestarikan alam lingkungannya melalaui praktik langsung dilapangan. “Kami berharap akan semakin banyak mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan social pendidikan ini sehingga juga akan semakin banyak wilayah yang bisa kita jangkau,” tutup Aziz. (Mj)

Leave us a Comment