Tingkatkan Publikasi Internasional, Universitas Jember Gelar Workshop SINTA

SINTA

Jember, 2 Juni 2017

Universitas Jember terus berbenah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas  publikasi internasional para dosennya. Salah satunya dengan menyelenggarakan  workshop bertema “Strategi Publikasi Internasional Bereputasi Berbasis SINTA (Science and Technology Index)”, yang diadakan di aula lantai 3 Gedung Rektorat dr. R. Achmad pada Selasa (30/5). Acara yang diselenggarakan di Gedung dr. R. Achmad Lt. 3 ini diikuti oleh sebanyak 75 peserta yang berasal dari dosen Kampus Tegal Boto. Menurut Ketua Tim Task Force Publikasi Internasional Universitas  Jember, Prof. Dafik, Ph.D., worshop ini diharapkan mampu menggenjot kualitas dan kuantitas publikasi di kampus Tegalboto.

Menurut Dafik, saat ini jumlah publikasi yang ada saat ini di Universitas Jember masih dirasa minim, oleh karena itu perlu percepatan agar makin banyak dosen yang menulis di jurnal terakreditasi internasional. “Ada sekitar 1.200 dosen di Universitas Jember, namun dari data yang ada hingga Mei 2017, hanya ada 260 publikasi internasional. Oleh karenanya, dengan workshop ini kami berharap dapat menggali lebih dalam apa penyebab  minimnya publikasi selama ini. Kami berharap akan dapat memberikan solusi untuk dapat meningkatkan jumlah publikasi yang terindeks,” jelas Dafik yang juga Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan tersebut.

Dafik juga menambahkan, untuk menuju Research University, maka Universitas Jember harus terus menggenjot angka publikasi. “Setidaknya untuk masuk ke dalam kategori Research University, kita harus mencapai angka publikasi yang terindeks sebanyak 560 publikasi per tahun,” tambah Dafik. Sementara itu, Zulfikar, Wakil Rektor I Universitas Jember dalam sambutan pembukaannya menjelaskan bahwa Universitas Jember akan mendukung peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi internasional. “Salah satu dukungan adalah dengan memberikan insentif bagi tujuh paper yang akan dipublikasikan di tingkat internasional tahun ini,” tutur Zulfikar.

Selama dua hari, 75 peserta workshop yang merupakan dosen di kampus Tegalboto mendapatkan materi antara lain bagaimana menembus jurnal internasional, riset bersama, etika penulisan  dan lainnya. Panitia juga mengundang pemateri dari McKendree University, Amerika Serikat yang juga pakar di bidang marketing, Prof. Halimin Herjanto. Kehadiran Halimin Herjanto guna berbagi pengalaman dalam penulisan di jurnal internasional, khususnya di bidang ekonomi dan marketing. (lid/iim)