Tim PIMNAS Universitas Jember Raih 1 Emas Dan Satu Perunggu

Kendari, 9 Oktober 2015

Universitas Jember berhasil menorehkan prestasi gemilang dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 28 yang berlangsung di kampus hijau Halu Oleo Kendari. Pada penutupan PIMNAS 28 yang berlangsung di stadion mini kampus Halu Oleo, Kamis (8/10) malam, tim dari Universitas Jember berhasil meraih satu medali emas dan satu medali perunggu dalam kategori poster Program Kreatifitas Mahasiswa Penelitian (PKMP).

PKM Penelitian karya Kinanthi Putri Rizki, Wahyu Wahidatur Rochmah, Nanda Gilang Cempaka, Sugi Hartono yang berjudul EPETECO : Ekstrak Pektin Kulit Buah Kakao (Theobroma Cacao) Sebagai Antikanker Kolon Pada Tikus Putih Galur Wistar berhasil meraih medali emas.

Sedangkan karya yang berjudul “I-MOOX” Pemanfaatan Indole-3-carbinol sebagai Inhibitor Flavin Monooxygenase 3 (FMO3) dalam Upaya Prevensi Aterosklerosis hasil penelitian dari Bagus Indra Kusuma, Brenda Desy Romadhon, Silvi Ahmada Chasya, Hazmi Dwinanda Nurqistan Lusi Padma Sulistianingsih Mata, berhasil meraih medali perunggu dalam kategori yang sama.

Prof. M. Saleh Pembantu Rektor III bidang kemahasiswaan mengaku sangat bangga atas perolehan medali emas dan perunggu dalam ajang PIMNAS 2015. Menurutnya Universitas Jember terus berupaya agar mahasiswa aktif didalam menulis.

“Alhamdulillah tahun ini mahasiswa yang ikut dalam PIMNAS 2015 mengalami peningkatan baik secara kualitas maupun kuantitas ini harus kita syukuri” ujar Prof. M. Saleh. Bahkan menurut Prof. Saleh, sejak tahun 2015 Universitas Jember mulai membentuk tim yang khusus membimbing para mahasiswa yang hendak menyusun karya ilmiah.

“Mereka semua adalah para dosen yang memang berkompeten dalam membimbing mahasiswa Alhamdulillah tahun ini kita bisa membawa pulang satu emas dab satu perunggu” imbuh Prof. Saleh.

Prof. Saleh berjanji, akan memberikan penghargaan khusus bagi mahasiswa yang berprestasi minimal ditingkat nasional. “Yang jelas akan ada reward khusus bagi mereka yang mendapat medali emas bisa berupa beasiswa ataupun pembebasan SPP selama 1 atau 2 semester nanti akan kita upayakan itu semua” pungkas Prof. Saleh

Fifteen Aprila Fajrin S.Farm. M.Farm, Apt salah satu dosen pembimbing PIMNAS 28 mengatakan, para peserta yang ikut dalam PIMNAS 28 aktif dalam melakukan penelitian dan menyusun karya ilmiah.

“Mereka sudah berusaha maksimal mereka hebat karena walaupun banyak kegiatan namun masih bisa bekerja dengan baik” ujarnya. Fifteen menambahkan, tim PIMNAS 28 Universitas Jember memiliki semangat yang luar biasa. “Dengan segala keterbatasan yang ada mereka mampu berkarya dengan baik, terutama Kinanti saat diminta merevisi karya ilmiahnya dia langsung kerjakan, kami (dosen pembimbing) bangga pada mereka semua,” pungkasnya. (Mj)

Leave us a Comment