Tiga Tip Wirausaha Dari Syech Rozi

Jember, 19 Oktober 2016

Universitas Jember terus berusaha mendorong mahasiswanya untuk berani menjadi pengusaha, salah satunya dengan memberikan berbagai fasilitas berupa sarana, prasarana serta pelatihan. Seperti kegiatan bertajuk mini seminar bertema “Tips Menjadi Wirausahawan Pemula“ yang digelar hari Rabu (19/10) di Sampoerna Corner, Perpustakaan Universitas Jember. Mini seminar kali ini diikuti oleh 40 peserta, dengan menampilkan pembicara utama, Dr. M. Fathorrazi, M.Si, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Dalam pemaparannya, pria yang akrab disapa dengan panggilan Syech ini mengatakan bahwa ada tiga tip dalam merintis usaha.

Ketiga tip tersebut adalah, pertama, berpikir sukses, dan jangan pernah berpikir akan gagal. Kedua memiliki kepercayaan atau keyakinan besar. “Ketiga, ingatkan kepada diri Anda sendiri secara teratur, bahwa Anda lebih baik daripada yang Anda kira,” ujar dekan yang juga dikenal sebagai da’i ini. Pria asal Bondowoso ini kemudian berharap dengan ketiga pedoman tadi, para mahasiswa kampus Tegalboto berani membuka usaha. “Jika mengalami kegagalan itu hal yang biasa, untuk bisa meningkatkannya maka mulai lagi dengan mencari inovasi – inovasi baru,” tuturnya.

Fathorrozi lantas mencontohkan sosok wirausahawan yang sukses, seperti penjual makanan cilok Edy di depan kantor DPRD Jember. Menurutnya, kisah Pak Edy penjual cilok dapat menjadi inspirasi bagi para mahasiswa yang akan memulai usaha. Awalnya sang penjual cilok ini memulai berjualan dengan modal kecil, membawa dagangan dengan sepeda engkolnya. Tetapi dengan kerja keras, akhirnya kesuksesan berhasil diraihnya, kini cilok Edy memiliki cabang-cabang yang tersebar di wilayah Jember. Dengan gaya bercandanya, Syech Rozi bercerita, “Dulu cilok Edy ini memakai sepeda engkol, kemarin ketemu saya di pertemuan kewirausahaan dia sudah memakai Avanza lho.”

Sebelumnya dalam kesempatan terpisah, Kepala UPT Perpustakaan Universitas Jember, Ida Widiastuti, menjelaskan bahwa kegiatan  seperti mini seminar kali ini adalah kegiatan rutin yang digelar oleh UPT Perpustakaan bekerjasama dengan Sampoerna Corner. “Kami berusaha memberikan layanan kepada mahasiswa tidak hanya berupa layanan perpustakaan saja, namun juga layanan lainnya yang diharapkan mampu mengembangkan kemampuan soft skill mahasiswa Universitas Jember,” jelas Ida. (adel)

Leave us a Comment